detikNews
2019/10/14 18:26:49 WIB

Gunung Merapi Embuskan Awan Panas, Selo Boyolali Diguyur Hujan Abu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Gunung Merapi Embuskan Awan Panas, Selo Boyolali Diguyur Hujan Abu Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Gunung Merapi mengembuskan awan panas sore tadi. Akibatnya, hujan abu mengguyur lereng Gunung Merapi wilayah Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Hujan abu tipis antara lain melanda Desa Tlogolele dan Desa Klakah, Kecamatan Selo. Sedangkan di Desa Tlogolele hujan abu melanda wilayah Dukuh Stabelan.

"Ya, untuk saat ini hujan abu tipis, sangat tipis sekali (di Dukuh Stabelan)," kata Kepala Dusun Stabelan, Maryanto saat dihubungi detikcom, Senin (14/10/2019).

Meski demikian, kata dia, kondisi warga yang berada di wilayah kawasan rawan bencana (KRB) 3 letusan Gunung Merapi itu masih tenang dan aman. Warga keluar rumah dan di jalan kampungnya untuk memantau kondisi Gunung Merapi.


Menurut Maryanto, pasca awan panas letusan yang terjadi sekitar pukul 16.31 WIB tadi, ada dua titik api di kawasan puncak Gunung Merapi. Titip api tersebut di bawah Pasar Bubrah (kawasan dibawah puncak Merapi) dan di sisi utara Gunung Merapi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com