detikNews
2019/10/11 19:11:03 WIB

Acara Muslim United di Masjid Gedhe Tak Berizin, Ini Penjelasan FUI

Usman Hadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Acara Muslim United di Masjid Gedhe Tak Berizin, Ini Penjelasan FUI Masjid Gedhe Keraton Yogyakarta, Jumat (11/10/2019). Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Yogyakarta - Kegiatan Muslim United #2: Sedulur Saklawase yang digelar di Masjid Gedhe Kauman tak mengantongi izin dari Keraton Yogyakarta selaku pemilik masjid dan dari aparat kepolisian. Meski begitu, acara itu tetap berjalan.

Presidium Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Syukri Fadholi, mengakui bahwa kegiatan di Masjid Gedhe belum mengantongi izin. FUI selaku penyelenggara kegiatan mencoba memberikan penjelasan.

"Jadi pada prinsipnya, bahwa pada mulanya panitia pelaksana Muslim United ini sudah mengajukan permohonan kepada Keraton, yang kemudian tanggal 5 (Oktober) diizinkan oleh Keraton," jelas Syukri, Jumat (11/10/2019).


Memang pihak Keraton melalui KGPH Hadiwinoto sempat mengeluarkan surat yang memperbolehkan panitia Muslim United menggunakan Alun-alun Utara sebagai tempat kegiatan. Namun surat itu akhirnya dicabut.

Syukri mengatakan, atas dasar surat yang sempat dikeluarkan KGPH Hadiwinoto itu akhirnya pihak panitia mempersiapkan segala hal. Ia mengeklaim persiapan panitia sudah 80 persen sebelum akhirnya dilarang Keraton.

"Atas dasar izin itu (surat yang sempat dikeluarkan KGPH Hadiwinoto) kemudian panitia melakukan persiapan, sehingga sampai kepada 80 persen dipersiapkan. Kemudian memang ada penolakan dari Keraton kembali," katanya.


Ia menduga penolakan itu karena pihak Keraton menerima informasi yang salah. Sebab menurutnya banyak beredar informasi yang menyebutkan bahwa kegiatan Muslim United diisi oleh orang-orang berpaham radikal.

"Seolah dianggap bahwa (Muslim United) ini merupakan kegiatan-kegiatan yang bersifat radikal, kemudian antipemerintah. Saya menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan semacam itu tidak beralasan," sebutnya.

Meski tak direstui Keraton, Syukri menuturkan panitia pelaksana Muslim United tetap mencoba mengurus perizinan ke kepolisian. Namun izin kegiatan dari polisi hingga kini tak keluar, Syukri tak menampik itu.

Pihak panitia, kata Syukri, hingga kini tetap mencoba menjalin komunikasi dengan aparat. "Panpel (panitia pelaksana) masih dalam tahap pembicaraan untuk meminta supaya dipahami untuk tetap berjalan," tuturnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com