detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 18:56 WIB

5 Kejadian Kebencanaan di DIY Hari Ini yang Dicatat oleh BPBD

Muchus Budi R. - detikNews
5 Kejadian Kebencanaan di DIY Hari Ini yang Dicatat oleh BPBD Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Yogyakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat setidaknya ada 5 kejadian kebencanaan di daerah tersebut pada hari ini. 5 kejadian itu terjadi di 3 kabupaten/kota di DIY.

Dari rilis BPBD yang diterima detikcom disebutkan pada hari ini, Jumat (11/10/2019), terdapat 5 kejadian kebencanaan. Satu kejadian terjadi di Kota Yogyakarta yaitu kebakaran rumah milik Muji Karto (60) di Gambiran RT 41 RW 10, Pandean, Umbulharjo. Penyebab kejadian adalah korsleting listrik.

Sedangkan di Kabupaten Sleman terjadi pohon tumbang di Cacanggan RT 04 RW 50, Wukirsari, Cangkringan dan di Kaliurang Barat RT 04 RW Hargobinangun, Pakem. Kejadian di Kaliurang menimpa jaringan listrik dan teras rumah warga.


Di Sleman juga terjadi angin kencang di Sawungan RT 04 RW 04 Hargobinangun, Pakem. Dampak kejadian adalah kerusakan sebuah ruko yang atapnya terlepas karena terbawa angin.

Kejadian lain hari ini terjadi di Gunungkidul. Puting beliung terjadi di Desa Gatak, Karangduwet dan Ngagel. Semua berada di Kecamatan Karangmojo. Dilaporkan 10 rumah warga dan fasilitas umum mengalami rusak ringan.


Selain itu seorang warga, Nursalim (60) harus mendapatkan perawatan medis berupa jahitan di kepala karena mengalami luka tertimpa genting atap rumah.

Satu kejadian lain di Gunungkidul adalah kebakaran lahan di Gading, Playen. Dampaknya api merembet ke ban bekas pembatas sirkuit rally. Api telah berhasil dipadamkan.
(mbr/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com