detikNews
2019/10/10 14:48:50 WIB

Solo Kota Paling Layak Huni Punya PR, Walkot: Habiskan Sampah Butuh 15 Tahun

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Solo Kota Paling Layak Huni Punya PR, Walkot: Habiskan Sampah Butuh 15 Tahun Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Solo atau Surakarta merupakan kota yang paling layak huni versi survei Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia pada 2018. Salah satu yang menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta adalah masalah sampah.

Pasalnya, pasokan sampah di Solo mencapai 300 ton dalam sehari. Saat ini ada 1,6 juta ton sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Jebres, Solo.

Sampah memang menjadi masalah serius di seluruh daerah. Selain berdampak pada masalah kesehatan, sampah terkadang mengurangi keindahan kota.

Selama beberapa tahun terakhir, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo membuat kebijakan menutup tempat pembuangan sementara (TPS) yang ada di sudut-sudut kota. Sebagai gantinya, pemkot mengoperasikan mobil TPS yang secara berkala mendistribusikan sampah ke TPA.


"Di Solo ini dulu ada 58 TPS, sekarang kami tutup satu per satu, tinggal 4 TPS. Itu di Bonoloyo, Sondakan, Kedungtungkul, dan Norowangsan. Nantinya kami tutup semua," kata Rudy, Kamis (10/9/2019).

Menurutnya, penutupan TPS juga dilakukan untuk memperbaiki ketersediaan dan kualitas air tanah. Rudy ingin agar air dapat diwariskan ke anak-cucu.

"Sampai saat ini kan Solo belum ada kekeringan, semoga jangan sampai. Makanya kami ganti TPS dengan taman," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com