detikNews
2019/10/09 18:14:03 WIB

Cerita Makam Sunan Kuning di Pusaran Lokalisasi Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Halaman 1 dari 2
Cerita Makam Sunan Kuning di Pusaran Lokalisasi Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Lokalisasi SK, Semarang, saat ini memang dikenal dengan kepanjangan Sunan Kuning. Padahal dahulu SK merupakan kependekan dari Sri Kuncoro, yang merupakan nama jalan di sana. Sedangkan Sunan Kuning merupakan salah satu ulama yang dimakamkan di sana.

Makam Sunan Kuning ada di Jalan Taman Sri Kuncoro RW 2 RT 3, Kali Banteng, Semarang Barat. Sunan Kuning sebenarnya bernama Soen An Ing, merupakan seorang muslim asal China yang turun kemudian menyebarkan Islam pada zaman VOC sekitar pertengahan abad ke-17.

"Karena lidah orang Jawa sulit menyebut Soen An Ing, maka disebutlah Sunan Kuning," kata salah satu juru kunci, Bambang, Rabu (9/10/2019).



Soen An Ing juga dikenal sebagai Raden Mas Garendi. Dari cerita turun-temurun, Bambang menyebut, ia datang ke Jawa bersama pasukan kecilnya. Bahkan di Jawa ikut berperang saat terjadi Geger Kartosura. Dia diangkat juga sebagai pengawal Pangeran Samber Nyawa atau Raden Mas Said atau Pangeran Mangkunegara I.

Perlawanan menghadapi kompeni menyebabkan Soen An Ing akhirnya ditangkap VOC, yang kemudian terdapat dua versi kabar yang beredar, yaitu Soen An Ing dibawa ke Batavia dan kabar bahwa ia dihabisi di Semarang.

"Kemudian dari seorang sahabat ada kabar Soen An Ing dimakamkan di sini. Dulu di sini hutan," pungkasnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com