detikNews
2019/10/03 17:19:48 WIB

5 Orang yang Luka Saat Jaga Demo Magelang Dapat Penghargaan

Eko Susanto - detikNews
Halaman 1 dari 3
5 Orang yang Luka Saat Jaga Demo Magelang Dapat Penghargaan Kapolda Jateng Irjen Rycko saat memberikan penghargaan di Mapolres Magelang Kota, Kamis (3/10/2019). (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel memberikan penghargaan kepada tiga personel Polres Magelang, seorang Babinsa Kodim 0705/Magelang, dan pegawai Dishub Kota Magelang. Mereka dinilai berdedikasi tinggi dalam melaksanakan tugas mengamankan aksi unjuk rasa di DPRD Kota Magelang, Kamis (26/9/2019).

Adapun ketiga polisi dari Satreskrim Polres Magelang adalah Brigadir Dwi Indriyanto, Brigadir Agustinus Irfan Haris Widyarga, dan Brigadir Agus Aryadi. Kemudian Babinsa Koramil 01/Magelang Selatan Kodim 0705/Magelang Serda M Solikhin dan tenaga harian lepas Dishub Kota Magelang, Edward Kaesprayogi.

"Hari ini merupakan apel yang kedua pemberian penghargaan yang saya berikan. Kemarin saya memberikan penghargaan juga kepada anggota Polresta Surakarta yang menjadi korban luka-luka saat sedang memberikan pelayanan keamanan kepada adik-adik yang sedang melaksanakan unjuk rasa," kata Rycko kepada wartawan setelah menyerahkan penghargaan di aula Mapolres Magelang Kota, Kamis (3/10/2019).


"Dari dua kejadian ini (Surakarta dan Magelang) memang saya memberikan penghargaan. Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada anggota karena dalam situasi dilempari anggota tidak melakukan pembalasan," lanjutnya.

Rycko menyebutkan personel yang menerima penghargaan ini berdedikasi dalam menangani kerusuhan. Menurutnya, aksi unjuk rasa pada pekan lalu itu sebenarnya sudah selesai. Kemudian setengah jam sampai satu jam kemudian ternyata ada yang melakukan kerusuhan.

"Ini tidak ada hubungannya dengan yang melakukan unjuk rasa. Jadi anggota Polri, TNI, dan anggota Dishub yang luka itu bukan sedang menangani unjuk rasa, memang menangani kerusuhan," ujar Rycko.

Akibat kerusuhan itu, Brigadir Dwi mengalami luka robek di bibir atas, luka memar di dahi, dan luka robek di kepala yang dijahit. Brigadir Agustinus mengalami luka ringan di tangan, memar kepala, dan memar pinggang sebelah kanan, Brigadir Agus mengalami luka berat pergeseran tulang lengan kanan. Sedangkan Serda M Solikhin mengalami luka sobek di kepala belakang dengan tiga jahitan. Adapun Edward Kaesprayogi mengalami luka berat, yakni robek kornea mata sebelah kanan.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com