detikNews
2019/10/03 09:19:22 WIB

Proyek Pabrik Rusak Irigasi, 110 Ha Lahan Sawah di Brebes Kekeringan

Imam Suripto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Proyek Pabrik Rusak Irigasi, 110 Ha Lahan Sawah di Brebes Kekeringan Saluran irigasi di Brebes dirusak pembangunan pabrik. (Imam Suripto/detikcom)
Brebes - Sedikitnya 110 hektare lahan pertanian di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, terancam tidak bisa berproduksi menyusul rusaknya saluran irigasi akibat proyek pembangunan pabrik. Saluran tersier yang menjadi andalan petani di desa itu tidak berfungsi akibat ditutup tanah urukan proyek pabrik.

Tamrin, petugas pelaksana teknis irigasi (ulu-ulu) wilayah Desa Klampok, kepada wartawan membenarkan hal tersebut. Rusaknya saluran irigasi ini, kata Tamrin, akibat diuruk tanah oleh pelaksana proyek pembangunan pabrik produsen sepatu yang berlokasi di Desa Bangsri. Irigasi tersier ini menampung air yang berasal dari pintu air Bangunan Sawah Wilayah (BSW) Nomor 17.

Menurut Tamrin, petani di wilayah Desa Klampok saat ini sudah bersiap mulai bercocok tanam. Sebab, diperkirakan musim hujan mulai tiba beberapa pekan mendatang.

"Saluran irigasi tersier yang ditimbun panjangnya mencapai 60 meter dengan lebar 2 meter. Saya mewakili petani khawatir tidak bisa mendapat air irigasi kalau salurannya diuruk. Petani jelas dirugikan," tegas Tamrin.


Tamrin mengungkapkan ada kurang-lebih 110 hektare sawah produktif yang terdampak penimbunan saluran irigasi itu. Kata dia, sawah di kawasan irigasi tersier itu merupakan penghasil padi dan bawang merah.

"Ada lahan seluas 110 hektare yang tidak terairi saat musim tanam. Jika musim hujan, sudah dipastikan sawah petani akan terendam banjir karena tak ada saluran yang menampungnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com