detikNews
2019/10/02 16:17:29 WIB

Hewan Peliharaan Rusak Tanaman Tetangga Bisa Didenda di Wonosobo, Berapa?

Uje Hartono - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hewan Peliharaan Rusak Tanaman Tetangga Bisa Didenda di Wonosobo, Berapa? Desa Ngadisono, Kecamatan Kaliwiro, Wonosobo menerapkan Perdes tentang Kelestarian Hewan dan Pengandangan Unggas. (Foto: dok. Istimewa)
Wonosobo - Aturan tentang hewan peliharaan harus dikandangkan sudah berjalan di Desa Ngadisono, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo. Jika melanggar, ada dendanya. Berapa?

Aturan ini tertuang dalam peraturan desa (perdes) tentang kelestarian hewan dan pengandangan unggas. Dalam perdes tersebut, salah satunya mengatur tentang denda jika hewan peliharaan sampai merusak tanaman. Sebab, di Desa Ngadisono sebagian besar adalah petani.

"Sebenarnya denda ini untuk mengganti rugi tanaman yang rusak. Jadi, kalau ada ayam yang merusak lima pohon cabai, pemilik ayam tersebut harus mengganti lima pohon cabai," jelas Sunaryo, Kepala Desa Ngadisono, saat dihubungi detikcom, Rabu (2/10/2019).


Keputusan tersebut merupakan hasil musyawarah antara pemilik hewan peliharaan dan pemilik tanaman. Sebab, sebelum ada perdes tentang kelestarian hewan dan pengandangan unggas, banyak yang berselisih perihal tanaman yang dirusak hewan peliharaan.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com