detikNews
2019/09/28 20:23:38 WIB

Reresik Sumur Pitu, Tradisi Merawat Mata Air di Purworejo

Rinto Heksantoro - detikNews
Halaman 1 dari 3
Reresik Sumur Pitu, Tradisi Merawat Mata Air di Purworejo Foto: Rinto Heksantoro
Purworejo - Di Purworejo, Jawa Tengah terdapat tradisi unik saat bulan Sura. Namanya Reresik Sumur Pitu yang artinya membersihkan sumur yang berjumlah 7. Seperti apa keunikannya?

Tradisi tersebut digelar di Desa Cangkrep Kidul, Kecamatan Purworejo pada Sabtu (28/9/2019) sore. Selain untuk menjaga tradisi dan budaya, reresik sumur pitu yang dilaksanakan setiap bulan Sura itu juga berguna untuk menjaga kelestarian mata air yang ada agar bisa terus digunakan sebagai sumber kehidupan di lingkungan setempat dan sekitarnya.
Reresik Sumur Pitu, Tradisi Merawat Mata Air di PurworejoFoto: Rinto Heksantoro

"Tradisi ini dilaksanakan setiap bulan Sura. Tujuannya agar sumber mata air yang menjadi sumber kehidupan utama selalu dijaga. Sehingga meskipun ada kemarau panjang seperti tahun ini, mata air tidak habis dan masih bisa digunakan termasuk untuk pertanian," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Teguh Suyono (40) ketika ditemui detikcom di sela-sela acara.

Sebelum ritual dilaksanakan, prosesi diawali dengan arak-arakan dari lapangan desa menuju sumber mata air. Rombongan kirab yang terdiri dari prajurit, dalang, pembawa dupa, kidung rinonce, lurah, hapsara-hapsari, warga setempat hingga pembawa gunungan hasil bumi berjalan membelah desa.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com