detikNews
2019/09/27 16:55:39 WIB

Total Kerusakan di Pemkot Magelang Pasca Ricuh Nilainya Rp 150 Juta

Eko Susanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Total Kerusakan di Pemkot Magelang Pasca Ricuh Nilainya Rp 150 Juta Kericuhan terjadi usai demo #MagelangBergerak di kompleks kantor DPRD dan Pemkot Magelang, Kamis (26/9). Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang - Nilai kerusakan sejumlah fasilitas milik Pemkot Magelang setelah kericuhan mencapai Rp150 juta. Fasilitas yang rusak diantaranya pot, papan nama, dan kaca jendela.

"Ada kerusakan-kerusakan yang terjadi di situ ditaksir kurang lebih sekitar Rp150 juta. Kerusakan yang ditaksir oleh Pemkot. Di situ ada taman, pot, lampu jalan, pagar, sampai juga pos kita juga jadi dirusak. Taksiran kerugian sebesar Rp150 juta," kata Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi kepada wartawan di kantornya, Jumat (27/9/2019).

Kericuhan ini terjadi usai aksi #MagelangBergerak pada, Kamis (26/9). Diduga massa ini melakukan perusakan terhadap sejumlah fasilitas milik Pemkot Magelang. Sebanyak 20 lampu pagar pecah, pot bunga pecah, papan nama tulisan kantor Pemkot Magelang, dan jendela pos jaga rusak.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito menambahkan pihaknya menyayangkan terjadinya insiden pelemparan batu dan perusakan sejumlah barang milik Pemkot Magelang.


"Yang demo kan mahasiswa, mahasiswa itu kan kaum intelektual, harusnya tidak terjadi hal seperti itu. Namun, saya menduga yang rusuh kemarin bukan dari mahasiswa, mungkin ada kelompok lain yang menunggangi," ujar Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Sigit mengaku, sebelumnya sudah ada sinyal aksi demonstrasi akan berjalan tidak semestinya. Namun, ia masih memiliki prasangka baik aksi akan berjalan tertib dan damai dari awal sampai akhir.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com