detikNews
Rabu 25 September 2019, 18:37 WIB

Naik Heli, Kapolda Jateng Pantau Pilkades Serentak di Wonogiri

Aris Arianto - detikNews
Naik Heli, Kapolda Jateng Pantau Pilkades Serentak di Wonogiri Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel memantau pilkades di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Rabu (25/9/2019). (Aris Arianto/detikcom)
Wonogiri - Kapolda Jateng Irjen Rycko Amelza Dahniel memantau langsung pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Wonogiri. Rycko bersama rombongan berangkat dari Semarang ke Wonogiri naik helikopter.

Rycko meminta semua elemen di Wonogiri menjaga tradisi di Wonogiri selama ini, yakni suasana kondusif ketika berlangsung pemilihan umum.

"Wonogiri itu ketika berlangsung event pemilihan selalu kondusif. Ini sebuah tradisi yang bagus. Harus dipertahankan semua elemen," kata Rycko di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Rabu (25/9/2019).


Secara umum, sebutnya, kondisi saat pencoblosan aman. Ia berharap suasana aman dan kondusif tak hanya terjadi saat berlangsungnya pemungutan suara, tapi juga hingga penghitungan suara dan tahapan-tahapan pilkades selanjutnya.

"Semua pihak, baik cakades, panitia, maupun warga, harus mempertahankan itu," ujarnya.

Rycko dan rombongan tiba di Wonogiri naik helikopter milik dinas kepolisian. Heli mendarat di Stadion Pringgodani dan rombongan langsung menuju Desa Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, serta Desa Singodutan dan Desa Jaten di Kecamatan Selogiri.

Rycko juga menyempatkan diri singgah di rumah pribadi Bupati Wonogiri Joko Sutopo di Dusun Brangkulon, Desa Jaten.


Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan kerangka besar setelah pilkades sukses adalah sesarengan mbangun (bersama-sama membangun) Wonogiri. Hal itu adalah kerangka bersama dalam mengelola pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat.

"Siapa pun nanti yang dipercaya menjadi kades terpilih, harus menata manajerial, tata kelola, dengan stakeholder mana pun yang terbaik. Harus mau dikritik," tegas dia.


Simak juga video "KPU Waspadai Adanya Serangan Siber di Pilkada 2020":

[Gambas:Video 20detik]


(rih/rih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com