detikNews
2019/09/22 16:17:48 WIB

Ratusan Orang Diduga Keracunan Makanan di Boyolali

Ragil Ajiyanto - detikNews
Halaman 1 dari 1
Ratusan Orang Diduga Keracunan Makanan di Boyolali Salah seorang warga yang diduga keracunan makanan. Foto: Istimewa
Boyolali - Ratusan warga di Boyolali dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit diduga akibat keracunan makanan. Beberapa diantaranya masih dirawat di Puskesmas Selo dan RSU Muntilan.

"Iya, (beberapa diantaranya) sekarang masih ada yang dirawat di Puskesmas Selo dan RS Muntilan," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Tlogolele, Neigen Achtah Nur Edy Saputra saat dihubungi wartawan Minggu (22/9/2019).

Dihubungi terpisah, Kepala Subbag TU Puskesmas Selo, Aris Prasetyo, mengatakan pihaknya menangani lebih dari 300 orang.

"Pasien yang kami tangani untuk rawat jalan dari warga Desa Tlogolele sebanyak 298 orang. Yang dari luar wilayah (Tlogolele), dari Kecamatan Dukun (Kabupaten Magelang) 24 orang. Semuanya sudah ditangani," kata Aris.


Hingga hari ini pukul 15.00 WIB, lanjut Aris, pasien yang masih dirawat di Puskesmas Selo masih ada 10 orang. Sedangkan di RS Muntilan sebanyak tujuh orang.

"Obat-obatan terpenuhi dan pembiayaan gratis," tandas dia.

Lebih lanjut Aris mengatakan sampel makanan, minuman, dan muntah telah dikirim ke Dinkes untuk diteliti.


Neigen menambahkan bahwa ratusan warga tersebut diduga mengalami keracunan makanan yang disajikan dalam pengajian pada Kamis (19/9) siang. Saat itu warga diberi sajian makanan kecil yaitu, kue, kacang atom, tahu bakso dan minuman teh. Selain itu juga ada sajian nasi dengan mi dan lauk ayam.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com