Masuki Hari ke-6, Hutan di Lereng Gunung Slamet Masih Terbakar

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 22 Sep 2019 11:13 WIB
Kebakaran di Gunung Slamet masih belum padam. Foto: Imam Suripto/detikcom
Tegal - Memasuki hari ke-6, kebakaran di lereng Gunung Slamet masih belum padam. Ratusan relawan gabungan masih berusaha memadamkan api.

"Masih melanjutkan pemadaman di petak 16 A dari arah Kaliwadas jalur 1 dan jalur 2. Difokuskan dari jalur 2 untuk membuat sekat bakar menyambung jalur 1 serta memadamkan spot-spot api kecil," ujar Tertulis wakil adm Perhutani, Hartanto, Minggu (22/9/2019).

Di Posko Sawangan Tegal, ada 155 personel dari unsur TNI, Polri, perhutani dan relawan digerakkan ke petak 48 RPH Guci BKPH Bumijawa KPH Pekalongan Barat, yang berada di lereng gunung Slamet sebelah barat bagian utara. Wilayah ini masuk dalam jalur Permadi-Guci.


Sasaran pemadaman adalah pos 2,3 dan 4 jalur Permadi-Guci arah Igir Pogog dan Igir Tipis. Di pos tersebut, relawan membuat difokuskan membuat ilaran atau sekat bakar.

Sedangkan Posko Kaliwadas Desa Dawuhan Kecamatan Sirampok Brebes, upaya pemadaman di peak 16A RPH Igir Klanceng BKPH Paguyangan KPH Pekalongan Barat. Petak ini berada di lereng gunung Slamet sebelah barat.


Petugas BPBD Brebes, Masfui menambahkan jumlah relawan yang diterjunkan bertambah hari ini. Tercatat Posko Kaliwadas memberangkatkan sekitar 400 orang. Tambahan realawan ini berasal dari berbagai unsur masyarakat dan ormas.
Halaman

(sip/sip)