Panglima TNI Berziarah ke Makam Soeharto

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 19 Sep 2019 10:55 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Soeharto. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)


Setelah berziarah, Panglima dan sejumlah perwira tinggi kembali transit di sebelah utara cungkup. Pukul 10.15 WIB, rombongan meninggalkan lokasi. Panglima enggan diwawancarai wartawan.

Kepala Pelaksana Astana Giri Bangun, Sukirno, mengatakan jajaran TNI memang setiap tahun melakukan ziarah ke makam Soeharto.

"Setiap menyambut HUT TNI, Panglima TNI pasti selalu berziarah ke sini," katanya.


Prosesi ziarah, kata Sukirno, dipimpin oleh pihak Kementerian Agama. Beberapa kegiatan yang dilakukan di makam Soeharto adalah tabur bunga dan doa bersama.

"Intinya tabur bunga ke dua makam, Jenderal Besar Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Juga mendoakan almarhum agar amal ibadahnya diterima Tuhan," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Mayor Inf Mantang, mengatakan rombongan setelah ini akan menuju Yogyakarta. Mereka akan melanjutkan ziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman di TMPN Kusumanegara.

"Setelah ini ziarah ke Yogyakarta. Panglima rencananya kembali ke Solo karena besok akan ada pemberian gelar doktor honoris causa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) kepada Panglima," ujar dia.
Halaman

(bai/sip)