detikNews
Selasa 17 September 2019, 17:53 WIB

Sakit Paru-paru, Resti Tergolek Lemah Tak Punya Biaya Berobat

Imam Suripto - detikNews
Sakit Paru-paru, Resti Tergolek Lemah Tak Punya Biaya Berobat Kondisi Resti yang mengeluhkan sakit pada paru-parunya, Selasa (17/9/2019). (Imam Suripto/detikcom)
Tegal - Resti Tersilah (39) warga RT 05 RW 04, Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, tergolek lemah di rumahnya selama dua pekan ini. Resti, yang mengeluhkan sakit di bagian paru-paru, tak bisa berobat karena terkendala biaya.

Putri pasangan Sukram (76) dan Duratmi (69) ini memang berasal dari keluarga tak mampu. Ayahnya tidak mempunyai pekerjaan dan tidak terdaftar dalam jaminan kesehatan.

"Pernah memeriksakan Resti ke puskesmas beberapa bulan lalu. Namun, karena tidak punya kartu sehat, terpaksa harus bayar," kata Sukram saat ditemui detikcom di rumahnya, Selasa (17/9/2019).


Sebelumnya, Resti memang sakit-sakitan, terutama di bagian paru-paru. Kondisinya semakin parah sejak sekitar tiga bulan lalu. Kini badan Resti terlihat hanya tinggal kulit dan tulang. Keluarganya pun pasrah dan membiarkan perempuan yang masih lajang ini terbaring di tempat tidur.


Ketua RT 05, Sikin, menyebutkan keluarga Resti memang tergolong keluarga miskin sehingga tidak punya biaya untuk berobat ke rumah sakit. Pihaknya pun mencoba membantu dengan mencarikan donatur untuk membiayai pengobatan Resti di RSUD Kardinah, Tegal.


Simak juga video "Waspada! Ini Mitos Paru-paru Basah":

[Gambas:Video 20detik]


(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com