detikNews
Minggu 15 September 2019, 14:34 WIB

Nelayan Purworejo Larung Kambing Kendit Saat Sedekah Laut

Rinto Heksantoro - detikNews
Nelayan Purworejo Larung Kambing Kendit Saat Sedekah Laut Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Purworejo - Ratusan nelayan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, menggelar ritual larungan sesaji ke tengah laut selatan. Hal itu dilakukan sebagai ucapan syukur sekaligus meminta agar hasil panen ikan melimpah.
Sedekah laut di PurworejoSedekah laut di Purworejo Foto: Rinto Heksantoro/detikcom

Sedekah laut yang digelar setiap bulan Sura itu dipusatkan di area tempat pelelangan ikan (TPI) Desa Kertojayan, Kecamatan Grabag. Para nelayan melarung ancak sesaji berisikan satu ekor kambing kendit, ingkung bebek dan ayam jago, hasil bumi, serta bunga tujuh rupa ke tengah lautan pada Minggu (15/9/2019).

Ketua panitia Marsono (47) mengatakan, larungan dilakukan di laut sekitar satu kilometer dari bibir pantai. Puluhan perahu beriring-iringan membawa ubo rampe yang telah dipersiapkan untuk dilarung ke pantai selatan.

"Isinya yang dilarung ada kambing kendit, ingkung ayam dan bebek, bunga 7 rupa serta ubo rampe lainnya. Sesaji dimasukkan dalam tandu. Tidak semua bawaan yang diusung ke tengah laut tersebut dilarung yang terpenting yang inti itu tadi, sedangkan yang lain disisakan dan dibawa ke pinggir kembali untuk diperebutkan warga," kata Marsono ketika ditemui detikcom di lokasi, Minggu (15/9/2019).

Sebelum dibawa ke tengah laut dengan menggunakan perahu, prosesi ritual sedekah laut diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh sesepuh desa. Selain sebagai wujud syukur ritual tersebut juga bertujuan untuk memohon kepada yang Maha Kuasa agar hasil panen ikan meningkat.
Nelayan Purworejo Larung Kambing Kendit Saat Sedekah LautFoto: Rinto Heksantoro/detikcom

"Sedekah laut ini sebagai ungkapan rasa syukur kami karena telah diberi rezeki dan kami berharap agar ke depannya juga dapat memperoleh tangkapan ikan berlimpah karena kami menggantungkan hidup dari laut ini," tambahnya.

Sorak sorai ribuan pengunjungjung pun pecah ketika perahu pembawa aneka makanan tradisional desa termasuk hasil bumi mulai menepi ke pinggir setelah mengiringi ritual sedekah laut. Warga pun berlarian menghampiri perahu untuk saling berebut makanan yang tersisa karena dipercaya bisa membawa berkah tersendiri.

Salah satu pengunjung, Retnowati (30) yang sudah berpanas-panasan sedari tadi mengaku tak sabar ikut ngalap berkah. Meski hanya mendapatkan makanan kecil, pengunjung asal Kebumen itu mengaku lega walaupun harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

"Ya ini nonton sedekah laut, terus ramai-ramai ngalap berkah rebutan makanan yang dibawa kembali oleh perahu. Warga percaya jika dapat makanan itu maka akan banyak rejeki, semoga nanti rejekinya tambah lancar," ucap Retno.


Simak juga video "Menteri Susi Ikut Sedekah Laut di Demak":

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com