detikNews
Jumat 13 September 2019, 16:59 WIB

Ganjar Sebut Kemungkinan Padamkan Kebakaran Merbabu Pakai Water Bombing

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ganjar Sebut Kemungkinan Padamkan Kebakaran Merbabu Pakai Water Bombing Kebakaran Gunung Merbabu, Jumat (13/9/2019). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut memantau perkembangan penanganan kebakaran di Gunung Merbabu. Ia menyebut hujan buatan tidak bisa dilakukan dan ada kemungkinan akan dilakukan water bombing.

"Tim semua turun, maka tutup dulu (pendakian). Tidak ada pendakian kalau perlu di banyak gunung. Sampai Oktober baru ada hujan," kata Ganjar di kantornya, Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (13/9/2019).

Selain itu Ganjar juga menyebut hujan buatan belum bisa dilakukan karena tidak ada awan yang mendukung di sekitar Gunung Merbabu. Ganjar sudah bertemu dengan BMKG soal itu.


"Tidak bisa hujan buatan karena tidak ada awan. Kita minta hati-hati jangan buang puntung rokok sembarang, jangan bakar-bakar," ujarnya.

Terkait water bombing, Ganjar menyebut hal itu bisa dilakukan. Namun saat ini BPBD dan KLHK sedang bekerja dan memantaunya.

"Ada kemungkinan. BPBD dan KLHK bekerja pantau terus. Kalau tidak bisa dihentikan maka kita buat water bombing," tegasnya.


Saat ini kebakaran di Gunung Merbabu luasannya diperkirakan kurang lebih 225 hektare dan tersebar di tujuh titik api. Api terus merembet dan meluas hingga ke tiga wilayah Kabupaten. Hingga sore hari ini, api belum berhasil dipadamkan.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com