detikNews
Jumat 13 September 2019, 15:47 WIB

Kebakaran di Gunung Merbabu Belum Padam, Terdeteksi Ada 7 Titik Api

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kebakaran di Gunung Merbabu Belum Padam, Terdeteksi Ada 7 Titik Api Penampakan kepulan asap dari kebakaran di Gunung Merbabu. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu belum padam hingga sore ini. Terdeteksi masih ada tujuh titik api yang tersebar di tiga wilayah kabupaten.

"Hari ini sudah hari kedua kejadian kebakaran yang cukup besar di Taman Nasional Gunung Merbabu sejak kemarin ya. (Awal titik api) di Dusun Malang, Kecamatan Sawangan (Kabupaten Magelang), sampai tadi malam kami di lokasi, memang api menjalar ke arah Pakis (Magelang) maupun Selo (Boyolali)," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, ditemui wartawan di kantornya, di Boyolali, Jumat (13/9/2019).

Kobaran api terus merembet dengan cepat. Angin kencang dan cuaca panas, membuat api semakin cepat menjalar hingga wilayah Kabupaten Boyolali dan Semarang.


"Sampai siang ini masih terdapat tujuh titik api tersebar di tiga kabupaten itu. Yang di Ampel (Boyolali) ada tiga titik. Kemudian di Kopeng (Kabupaten Semarang) ada satu titik. Lalu Selo (Boyolali) ada satu titik, Pakis (Magelang) satu titik dan Wonolelo (Magelang) ada satu titik. Jadi masih ada tujuh yang akurasinya cukup tinggi," jelas Junita.

Upaya pemadaman masih terus dilakukan oleh tim gabungan dari ketiga wilayah tersebut. Pemadaman dilakukan oleh tim BTNGMb, relawan, Muspika di wilayah setempat, TNI/Polri, Mapala dan masyarakat sekitar.


"Teman-teman dari Taman Nasional Gunung Merapi juga membantu kita untuk upaya pemadaman," imbuh dia.

Namun upaya pemadaman masih dilakukan secara manual. Antara lain dengan membuat ilaran api supaya api tidak semakin meluas.




Puncak Merbabu Berselimut Asap Gegara 150-an Hektare Hutan Terbakar:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com