detikNews
Rabu 11 September 2019, 22:25 WIB

Warga Solo Doa Bersama untuk BJ Habibie di Rumah Wali Kota

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Warga Solo Doa Bersama untuk BJ Habibie di Rumah Wali Kota Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
solo - Warga Solo ikut berkabung atas wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie. Mereka bersama-sama berdoa di rumah dinas Wali Kota Surakarta, Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, Rabu (11/9/2019) malam.

Wali Kota FX Hadi Rudyatmo memang malam ini menggelar acara 'Wedangan Kebangsaan'. Acara diikuti perwakilan warga Solo dari berbagai suku dan daerah asal.

Sebagai pembuka acara, mereka menggelar doa bersama untuk BJ Habibie. Doa dipimpin oleh lima perwakilan agama, yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Budha.

Rudy mengatakan doa bersama sengaja disisipkan dalam acara tersebut setelah mendengar kabar wafatnya ilmuwan besar Indonesia itu. Menurutnya, BJ Habibie adalah salah satu putra terbaik bangsa.

"Putra terbaik kita telah pulang kehadirat Tuhan. Semoga beliau diberi tempat terbaik, semoga amal kebaikannya diterima di sisi Tuhan," ujar Rudy.

Dia juga mengenang saat bertemu Habibie di Solo sekitar lima tahun lalu. Rudy sempat menyampaikan program Kota Solo terkait pengembangan teknologi, seperti Solo Technopark dan mobil Esemka yang saat itu dikembangkan oleh siswa SMK.

"Saya sampaikan terkait Solo Technopark dan mobil Esemka. Beliau mendukung sekali Solo sebagai kota vokasi yang mencetak teknokrat andal," ujar dia.

Rudy juga menginstruksikan jajarannya untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran Menteri Sekretaris Negara yang menetapkan Hari Berkabung Nasional selama tiga hari.

"Malam ini sudah saya sampaikan ke dinas-dinas dan kelurahan agar juga menyampaikan kepada masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang. Minimal tiga hari," tutupnya.



(bai/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com