detikNews
Selasa 10 September 2019, 18:17 WIB

Warga Wonogiri Tewas Terbakar Saat Bersihkan Pekarangan

Aris Arianto - detikNews
Warga Wonogiri Tewas Terbakar Saat Bersihkan Pekarangan Foto: Istimewa/detikcom
Wonogiri - Marto Wijoyo (80) tewas terbakar di pekarangan rumahnya sendiri. Diduga korban terbakar saat membakar dedaunan jati yang kering. Namun api kemudian membesar dan mengenai tubuh korban hingga tewas.

Lokasi kejadian tak jauh dari rumah korban di Dusun Mojo RT 2 RW 3, Desa Pulutan Kulon, Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri.

"Korban tewas terbakar di pekarangan rumahnya sendiri, tidak jauh dari rumahnya dan masih satu RT," ungkap Kasubbag Humas Polres Wonogiri Iptu Suwondo kepada detikcom melalui pesan WhatsApp.

Suwondo mengatakan korban biasa membakar daun jati kering di pekarangan tersebut. Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.30 WIB dan tidak ada anggota keluarganya yang tahu, meski jarak lokasi kejadian dengan rumah sekitar 100 meter.



Saat itu ada dua warga, yakni Sutar dan Tukimin, yang melihat ada kebakaran di pekarangan rumah korban yang ditanami pohon jati. Keduanya langsung mendekat dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

"Ketika tengah memadamkan api, mereka melihat barang berwarna putih-putih yang tergeletak di pekarangan itu. Setelah diperiksa, ternyata adalah kepala korban," beber dia.

Menurutnya, keduanya melihat korban sudah dalam keadaan tergeletak dengan posisi telentang. Mereka lalu berteriak minta tolong kepada warga yang ada di permukiman. Setelah banyak warga berdatangan, mereka mengecek kondisi korban sudah meninggal dunia.



"Berdasarkan pemeriksaan medis korban sudah meninggal dunia dengan luka terbakar pada kaki kanan dan kiri, luka bakar pada pantat dan paha, serta luka bakar pada tangan kanan bawah," sebut Suwondo.

Atas permintaan keluarga, korban dibawa pulang untuk dimakamkan, dengan disertai surat pernyataan menerima peristiwa itu. Diduga kuat korban membakar sampah di pekarangan, namun api membesar dan membakar tubuhnya sendiri.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com