detikNews
Jumat 30 Agustus 2019, 20:08 WIB

NU Solo Imbau Nahdliyin Tak Ikut Parade Ukhuwah yang Hadirkan Felix Siauw

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
NU Solo Imbau Nahdliyin Tak Ikut Parade Ukhuwah yang Hadirkan Felix Siauw Poster acara Parade Ukhuwah di Solo. -- Foto: Istimewa
Solo -
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Solo mengimbau nahdliyin atau warga NU agar tidak turut serta dalam Parade Ukhuwah 2019/1441 H yang dikabarkan menghadirkan Ustaz Felix Siauw. Kegiatan itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 1 September 2019 pagi.

Imbauan PCNU tersebar di media sosial yang intinya meminta warga NU tidak mendukung dan tidak mengikuti acara bertajuk 'Merdeka dengan Semangat Persatuan, Hijrah dan Tauhid' itu.

Alasannya antara lain karena adanya gambar ulama NU di poster acara tanpa persetujuan PCNU. Selain itu, juga dikabarkan menghadirkan Felix Siauw dan adanya simbol yang disebut identik dengan organisasi yang sudah dilarang oleh pemerintah.

Ketua PCNU Solo, Mashuri, menegaskan surat tersebut sebenarnya hanya konsumsi internal jajaran struktural ataupun kultural NU. Menurutnya, imbauan semacam itu biasa dilakukan setiap organisasi.

"Itu kan imbauan internal, saya hanya menyebarkan ke grup NU. Kalau sampai tersebar, saya tidak tahu," kata Mashuri melalui telepon, Jumat (30/8/2019).
Dia pun enggan ikut campur dengan penyelenggaraan acara di Ngarsopuro itu. Dia juga tidak ingin membesar-besarkan masalah ini.

"Kalau acara mau lanjut ya silakan. Kami dengan panitia juga tidak ada masalah kok," katanya.

Sementara itu, humas acara Parade Ukhuwah, Endro Sudarsono, tidak mempermasalahkan surat edaran tersebut karena hanya ditujukan untuk internal NU. Dia menegaskan bahwa acara akan tetap berlanjut.

"Kalau soal gambar KH Hasyim Asy'ari, beliau kan tokoh nasional, kami tampilkan juga gambar KH Ahmad Dahlan, Bung Karno. Kalau bendera tauhid kan tidak dilarang, karena bukan bendera HTI (Hizbut Tahrir Indonesia)," ujarnya.

Adapun kegiatan tersebut diselenggarakan oleh ormas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) untuk merayakan HUT ke-74 RI sekaligus peringatan tahun baru Hijriah. Acara dimulai dengan jalan sehat dari lapangan Kottabarat. Di titik finis Ngarsopuro, kegiatan dilanjutkan dengan tausiah oleh beberapa ustaz.

Panitia memastikan Felix Siauw bakal hadir dalam acara tersebut. Felix dijadwalkan akan memberikan tausiah kepada peserta Parade Ukhuwah.

"Sebenarnya kami juga mengundang Ustaz Haikal Hasan, tapi beliau tidak bisa. Kalau Ustaz Felix Siauw insyaallah datang," kata Endro.
Kapolresta Surakarta, AKBP Andy Rifai, mengatakan saat ini belum ada pihak yang secara tegas menolak acara tersebut. Namun kepolisian tetap melakukan persiapan pengamanan.

"Dari Polda Jawa Tengah juga belum turun izinnya. Tapi kita tetap menyiapkan pengamanan nanti," tutupnya.

(bai/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com