detikNews
Rabu 28 Agustus 2019, 15:09 WIB

Sri Sultan HB X Ungkap Tujuan Kedatangan Raja Malaysia ke Keraton Yogya

Usman Hadi - detikNews
Sri Sultan HB X Ungkap Tujuan Kedatangan Raja Malaysia ke Keraton Yogya Raja Malaysia bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta hari ini. Foto : Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah, bertamu ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk menemui Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X. Apa yang dibahas kedua raja tersebut?

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan HB X, mengatakan kedatangan Raja Malaysia ini dalam rangka silaturahmi biasa. "Ya (kedatangan Raja Malaysia) sekedar silaturahmi saja," kata Sultan di Keraton Yogyakarta, Rabu (28/8/2019).

Sultan bercerita, sebelumnya Yang Dipertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah sudah pernah mengunjungi Keraton Yogyakarta pada tahun 1993 silam. Kala itu Yang Dipertuan Agong XVI belum menjabat sebagai raja.

Selain itu, istri Yang Dipertuan Agong XVI yakni Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariyah disebut Sri Sultan HB X juga kerap berkunjung ke Yogyakarta. Hal itu lah yang menjadikan Raja Malaysia tak asing dengan Yogyakarta.


"Ya (Yang Dipertuan Agong XVI) nggak punya komentar apa-apa, ya memang hanya ngobrol saja. Karena istrinya (Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariyah) kan sering ke sini," ungkap Sultan.

Sultan melanjutkan, dalam pertemuan tersebut Yang Dipertuan Agong XVI beserta keluarga dijamu dengan makanan tradisional khas Yogyakarta. Hanya saja Sultan tidak menyebutkan jenis makanan tradisional tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri'ayatauddin Al Mustafa Billah Shah bertamu ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Ia sampai di Kompleks Keben Keraton sekitar pukul 11.40 WIB.


Setelah mengadakan pertemuan singkat dengan Sri Sultan HB X di Gedhong Jene Keraton, Yang Dipertuan Agong XVI dijamu Beksan Lawung Jajar di Bangsal Kencana. Kunjungan tersebut diakhiri dengan makan siang bersama di Bangsal Manis.

Sementara Yang Dipertuan Agong XVI beserta rombongan baru meninggalkan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekitar pukul 13.44 WIB. Kepergiannya diantar langsung oleh Sri Sultan HB X dan Penguasa Pura Pakualaman Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X.



Tonton juga video Sultan Abdullah Raja Baru Malaysia:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com