detikNews
Senin 26 Agustus 2019, 12:30 WIB

Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Eks Panglima Laskar Jihad di Sleman

Usman Hadi - detikNews
Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Eks Panglima Laskar Jihad di Sleman Pemakaman Jafar Umar Thalib -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Ribuan pelayat dari berbagai daerah menghadiri prosesi pemakaman Eks Panglima Laskar Jihad, Jafar Umar Thalib, siang ini. Jenazah Jafar dimakamkan di makam keluarga belakang Ponpes Ihya' As Sunnah Degolan, Ngemplak, Sleman.

Sejumlah karangan bunga berisi ungkapan berduka cita tampak berjejer di sekitar Ponpes Ihya'. Di antaranya dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Mantan Kepala BIN Hendropriyono, Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri, dan dari tokoh lainnya.

Jafar dikebumikan sekitar pukul 10.00 WIB. Pelayat yang hadir silih berganti, keluar-masuk kompleks pemakaman untuk melakukan salat jenazah di timur pusara. Sejumlah tokoh seperti Mantan Ketua KPK, Busyro Muqoddas, juga tampak hadir.


Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Eks Panglima Laskar Jihad di SlemanPara pelayat di makam Jafar Umar Thalib -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Kakak almarhum Jafar, Kamal Umar Thalib, menjelaskan Jafar meninggal dunia karena mengalami anfal jantung di Jakarta, kemarin. Selama ini memang Jafar diketahui menderita penyakit jantung dan sedang menjalani perawatan medis.

"(Jafar) meninggal di (RS Jantung) Harapan Kita (Jakarta) jam 12.10 WIB. Penyebabnya karena (problem) jantung. Sebenarnya dia mau berangkat ke Malaysia tujuannya untuk kontrol jantungnya, terus anfal di Jakarta kemarin," kata Kamal, Senin (26/8/2019).


Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Eks Panglima Laskar Jihad di SlemanBunga duka cita dari Kapolri -- Foto: Usman Hadi/detikcom
Almarhum Jafar adalah anak ketujuh dari delapan bersaudara. Di mata keluarga, Jafar dikenal sebagai pribadi yang teguh dalan memegang prinsip akidah. Jafar juga dikenal sebagai pribadi yang tegas dalam memperjuangkan kepentingan agama.

"Oh masyaallah, artinya seorang pemimpin yang murni maksudnya. Jiwa kepemimpinannya itu tinggi. Sebelum meninggal dia (Jafar) titip anaknya aja, supaya sekolahnya diteruskan, agamanya diperhatikan, itu saja, lainnya nggak ada," pungkas Kamal.



Tonton video Eks Panglima Laskar Jihad Jafar Umar Didakwa Undang-undang Darurat:

[Gambas:Video 20detik]


(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com