detikNews
Jumat 23 Agustus 2019, 16:20 WIB

Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan di Banjarnegara, Lho Kok Bisa?

Uje Hartono - detikNews
Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan di Banjarnegara, Lho Kok Bisa? Ada dua tiang listrik yang berada di badan jalan Plipiran-Larangan Kecamatan Pagentan, Banjarnegara. -- Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara -
Pemandangan tidak biasa terlihat di jalan Plipiran-Larangan Kecamatan Pagentan, Banjarnegara. Ada dua tiang listrik yang berada di badan jalan.

Bahkan, satu di antaranya berada tepat berdiri di tengah jalan. Padahal jalan ini diproyeksikan sebagai jalur wisata Banjarnegara-Dieng dan jalan alternatif ke Kabupaten Wonosobo.

Meski belum resmi digunakan, namun banyak pengendara roda dua yang melintas di jalur ini. Alasannya, jalur ini relatif lebih dekat, sekitar 5 kilometer dibanding jalur Banjarnegara ke Kecamatan Pagentan sebelumnya. Sehingga banyak warga dan guru yang memilih melintas di jalur Plipiran-Larangan tersebut.

"Warga kalau ke pasar atau guru juga banyak yang lewat sini. Karena lebih dekat jadi bisa untuk mengejar waktu," kata salah seorang warga Desa Larangan Kecamatan Pagentan, saat ditemui di jalur tersebut, Jumat (23/8/2019).
Sayangnya, hingga saat ini belum ada rambu-rambu serta penerangan untuk menandakan adanya tiang listrik di tengah jalan. Sehingga, banyak pengendara sepada motor yang nyaris menabrak tiang itu.

"Banyak yang nyaris jatuh (menghindari tiang listrik) karena tidak tahu. Sebenarnya jalan ini belum mulai dibuka, karena jembatannya pun belum dibangun. Tetapi warga inisiatif membuat jembatan sederhana dari bambu. Setelah itu banyak pengendara sepeda motor lewat sini," jelasnya.

Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banjarnegara, M Arqom Al Fahmi, membenarkan adanya tiang listrik di tengah jalan tersebut. Ia mengatakan, baru akan memindah tiang listrik tersebut pada tahun anggaran 2020.
"Untuk pemindahan akan kami lakukan pada kegiatan tahun depan. Sementara kami akan membuat rambu-rambu pengaman dulu sambil berkoordinasi dengan PLN," ujarnya.



Tonton video Bahaya! Tiang Ini Berdiri Tak Pada Tempatnya:

[Gambas:Video 20detik]


(skm/skm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com