detikNews
Sabtu 17 Agustus 2019, 11:04 WIB

Uniknya Komunitas Agus di Yogya Gelar Upacara 17 Agustus

Arum Safitri - detikNews
Uniknya Komunitas Agus di Yogya Gelar Upacara 17 Agustus Foto: Arum Safitri/detikcom
Yogyakarta - Puluhan orang dengan nama Agus hari ini menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI). Upacara ini digelar di halaman Museum TNI AD Dharma Wiratama, Yogyakarta, Sabtu, (17/8/2019).

Para pemilik nama Agus baik laki-laki dan perempuan ini tergabung dalam Komunitas Agus Bumi Indonesia. Mereka tidak hanya dari Yogyakarta saja namun juga dari Solo, Magelang, Klaten dan Wonosobo.

Upacara mulai jam 09.00 WIB yang diikuti anggota komunitas bersama warga masyarakat lannya. Anggota komunitas mengenakan kaos warna merah. Sedangkan para petugas upacara mengenakan pakaian adat Jawa.
Uniknya Komunitas Agus di Yogya Gelar Upacara 17 AgustusFoto: Arum Safitri/detikcom

"Ini merupakan pertama kalinya, biasanya kita mengadakan ketoprak. Tapi untuk tahun ini sebagai rasa nasionalisme kita mengadakan upacara dimana seluruh petugasnya bernama Agus," ujar Koordinator dan pendiri Komunitas Agus Bumi Indonesia, Agus Raka disela-sela upacara.

Salah satu petugas pengibar bendera, Agus Budi Santoso mengungkapkan upacara
ini sebagai wujud penghormatan para pahlawan juga sebagai sarana mempenerat antar anggota komunitas.
Uniknya Komunitas Agus di Yogya Gelar Upacara 17 AgustusFoto: Arum Safitri/detikcom

Upacara selama lebih kurang 1 jam itu berlangsung dengan khidmat dan tertib. Seusai upacara dilakukan penyematan tanda anggota komunitas Agus. Mereka juga melakukan pemotongan nasi tumpeng.




(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com