detikNews
Selasa 13 Agustus 2019, 14:30 WIB

Hakim Lasito Dituntut 5 Tahun Bui Terkait Suap Bupati Jepara

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Hakim Lasito Dituntut 5 Tahun Bui Terkait Suap Bupati Jepara Hakim Lasito saat sidang tuntutan kasus suap Bupati Jepara (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang - Hakim Pengadilan Negeri Semarang nonaktif, Lasito, dituntut 5 tahun penjara terkait dugaan suap kepada Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi. Ia juga didenda Rp 700 juta subsider 6 bulan.

Jaksa KPK, Gina Saraswati, mengatakan terdakwa dijerat Pasal 12 huruf c UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dalam dakwaan pertama.

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Lasito berupa pidana penjara selama 5 tahun dan pidana denda sejumlah Rp 700 juta dengan ketentuan, apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan," kata Gina, Selasa (13/8/2019).


Hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa dianggap berpengaruh negatif dalam upaya mewujudkan peradilan Indonesia yang unggul dan mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap penegak hukum dan lembaga peradilan.

"Terdakwa adalah penegak hukum," tegasnya.

Sedangkan hal yang meringankan adalah terdakwa kooperatif dan mengakui kesalahan. Terdakwa juga sudah mengembalikan sebagian hasil perbuatannya sebanyak Rp 350 juta. Uang tersebut kemudian disita oleh negara.


Atas tuntutan tersebut, Lasito mengajukan nota pembelaan yang akan dibacakan pada sidang pekan depan. Hakim ketua, Aloysius Bayu Priharnoto, kemudian menutup sidang.

Untuk diketahui, Marzuqi dan Lasito terlibat kasus suap Rp 500 juta dan uang dalam bentuk dolar AS yang nilainya USD 16 ribu. Suap tersebut dilakukan untuk membatalkan status tersangka Marzuqi terkait kasus dugaan penyalahgunaan dana bantuan politik untuk PPP Kabupaten Jepara 2011 dan 2012 sebesar Rp 75 juta.
(alg/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com