Ada Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sumbing Ditutup

Uje Hartono - detikNews
Senin, 12 Agu 2019 11:55 WIB
Kebakaran di lereng Gunung Sumbing, Wonosobo. (Foto: dok. Istimewa)
Wonosobo - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Sumbing, Wonosobo. Akibatnya, jalur pendakian Gunung Sumbing ditutup sementara.

"Meski belum ada instruksi dari pihak keamanan, semua jalur pendakian di Gunung Sumbing ditutup sementara. Ada delapan jalur pendakian Gunung Sumbing yang selama ini aktif. Semuanya ditutup," jelas pengelola base camp pendakian Gunung Sumbing jalur Garung, Iwan Fauzi, saat dihubungi detikcom, Senin (12/8/2019).

Penutupan ini berlaku sejak kemarin. Kebakaran terjadi di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran, Wonosobo.


Iwan mengaku belum bisa memastikan penutupan pendakian Gunung Sumbing akan berlaku hingga berapa lama. Sejauh ini pihak pengelola jalur pendakian masih memantau perkembangan kebakaran di Desa Banyumudal tersebut.

Penutupan jalur pendakian Gunung Sumbing, Wonosobo. Penutupan jalur pendakian Gunung Sumbing, Wonosobo. Foto: Istimewa

"Kalau ditutupnya sampai kapan, kami belum bisa memastikan. Nanti melihat perkembangan api di Desa Banyumudal. Jika sekiranya sudah aman, tentu akan dibuka lagi," tuturnya.


Ia juga memastikan kebakaran tersebut tidak mengancam pendaki yang sudah berada di atas Gunung Sumbing. Saat ini, pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung sedang menjemput dan meminta para pendaki turun.

"Hari ini, kami menjemput para pendaki yang sudah naik duluan sebelum jalur ini ditutup. Pendaki yang ada di atas kami minta turun," katanya. (sip/sip)