Ada 10 Anak, Siapa Pengasuh Ponpes Al Anwar Sepeninggal Mbah Moen?

Arif Syaefudin - detikNews
Rabu, 07 Agu 2019 10:38 WIB
KH Maimun Zubair (Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang - Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen telah wafat. Di antara 10 anak yang ditinggalkan, siapa sosok yang akan dipercaya sebagai pengganti Mbah Moen untuk mengasuh pondok?

Salah seorang putra Mbah Moen, KH Majid Kamil MZ, mengatakan 10 anak Mbah Moen-lah yang nantinya akan menggantikan Mbah Moen mengasuh ponpes. Sepuluh anak tersebut terdiri atas 8 putra dan 2 putri.


Merekalah yang nantinya secara bersama-sama akan mengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, yang berada di Desa Karangmangu, Kecamatan Sarang, Rembang.

"Insyaallah 10 anak yang akan menggantikan (Mbah Moen). Delapan ini putra, yang putri dua, kelihatannya sanggup untuk meneruskan semua," kata Kamil kepada wartawan, Rabu (7/8/2019).


Mbah Moen semasa hidupnya memang mengasuh secara langsung Ponpes Al-Anwar, Sarang. Mulai membina ngaji kitab sampai mengimami salat para santri.

"Abah memang sudah mulai aktif sejak usia belasan, bukan lagi dua puluhan. Termasuk kemarin saat ngaji kitab Balagh di bulan Ramadhan, beliau juga masih lantang dan memimpin ngaji. Saya sempat menggantikan satu kali ketika beliau sakit," tambahnya.


Said Aqil: Mbah Moen "Paku Bumi" Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)