detikNews
Selasa 06 Agustus 2019, 17:18 WIB

ATM Ditukar, Duit Milik Warga Boyolali Hilang Rp 250 Juta

Ragil Ajiyanto - detikNews
ATM Ditukar, Duit Milik Warga Boyolali Hilang Rp 250 Juta Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
boyolali - Polres Boyolali berhasil menangkap komplotan pembobol rekening bank dengan modus tukar ATM. Korban mengalami kerugian Rp 250 juta.

"Tiga orang pelaku kami tangkap," ujar Kasat Reskrim Polres Boyolali, Iptu Mulyanto, kepada para wartawan Selasa (6/8/2019).

Tiga orang tersangka yakni Abdul Muin (56) warga Kupang Timur, Pakis, Kota Surabaya; Lucky Usman Usreadi (55) warga Jl. Kran II, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat dan Muryamin (49) warga Jl Menara, Wattang Soreang, Soreang, Kota Pare-pare.

"Mereka berhasil ditangkap di daerah Banyumanik, Semarang," katanya.

Ketiga tersangka berhasil memperdayai korbannya, Subroto (51) warga Cepogo, Boyolali. Akibat kejadian itu, uang milik korban di rekening berkurang sebanyak Rp 250.906.000.

Dalam aksinya, tersangka memperdayai korban saat cek saldo di ATM. Tersangka mengintip nomor PIN ATM korban dan menghafalnya. Lalu dengan tipu daya, tersangka meminta ATM korban dan menukarnya dengan ATM jenis yang sama tanpa disadari oleh korban.

Dijelaskan Mulyanto, kejadian tersebut bermula ketika korban pada 20 Juni 2019 lalu, sedang berada di sebuah ATM di Surabaya. Korban saat sedang cek saldo. Saat itu sedang bertemu dengan salah satu tersangka yang juga sedang cek saldo.

Selanjutnya, tersangka menawarkan dana bantuan untuk pembangunan masjid dan menjanjikan sewaktu-waktu akan dihubungi. Saat itulah tersangka memperdayai korban. Tersangka yang sudah mengetahui nomor pin ATM korban itu, lalu dengan tipu daya berusaha meminta ATM tersebut.

"Lalu tersangka menukar ATM korban dengan ATM sejenis tanpa disadari korban," jelasnya.

Setelah ATM berhasil dikuasi, tersangka kemudian menguras uang yang ada di rekeningnya. Dari hasil pemeriksaan tersangka mengaku uang direkening korban digunakan untuk berbelanja. Selain itu juga ditransfer ke sejumlah rekening lain.

Kasus itu terungkap setelah korban mengecek saldo disebuah ATM di Cepogo. Namun saat itu tidak bisa. Selanjutnya, korban mengecek di kantor bank tersebut dan diketahui saldo di rekeningnya berkurang Rp 250.906.000 dan terdapat transaksi beberapa kali ke nomor rekening bank lain. Padahal, korban tidak pernah melakukan transaksi.

Atas kejadian itu, korban kemudian melapor ke Mapolres Boyolali untuk penyelidikan lebih lanjut. Selanjutnya, petugas melakukan penyelidikan. Pelakunya pun diketahui keberadaannya. Akhirnya, tim Sapu Jagad bersama unit I Sat Reskrim Polres Boyolali, dipimpin Kanit Pidana Umum Sat Reskrim, Iptu Wikan SK, berhasil meringkus ketiga tersangka di daerah Banyumanik, Semarang.

Dari penangkapan tersebut, petugas juga berhasil menyita sejumlah barang bukti antara lain, sejumlah ATM, perhiasan dan satu unit mobil yang dipakai para tersangka beraksi.

"Menurut pengakuan para tersangka, uang di rekening korban itu antara lain digunakan untuk belanja," imbuh dia.

Kini, para tersangka telah ditahan di Mapolres Boyolali guna penyidikan lebih lanjut.




Tonton Video Pembobol ATM Bank Jatim Diringkus, Begini Modusnya...:

[Gambas:Video 20detik]


(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com