detikNews
Senin 05 Agustus 2019, 21:05 WIB

BMKG Pasang Radar Tsunami Dukung Operasional Bandara YIA

Ristu Hanafi - detikNews
BMKG Pasang Radar Tsunami Dukung Operasional Bandara YIA Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Kulon Progo - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memasang radar tsunami untuk menunjang operasional Bandara Internasional Yogyakarta/Yogyakarta International Airport (YIA). BMKG juga akan menambah tiga alat pemantau cuaca.

"Terpasang radar tsunami kerja sama dengan Jepang. Dipasang di dua titik, Bantul dan Purworejo, sekarang dalam tahap uji coba," kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Hendro Nugroho, Senin (5/8/2019).

Hal itu disampaikannya saat mendampingi kunjungan kerja Komisi V DPR RI di kantor PT PP kompleks Bandara YIA, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sedangkan alat pemantau cuaca pendukung yang selanjutnya bakal dipasang adalah Lidar Winshear, TDWR dan WindPropeler.

"Untuk dukungan terhadap penerbangan, saat ini sudah terpasang Irmafia, alat yang merupakan produk BMKG dan bisa mendaratkan pesawat perdana di YIA. Juga sudah dipasang AWOS sebagai dukungan untuk full operasi bandara di tahun 2020," jelasnya.

Sementara itu terkait dengan kebencanaan, BMKG telah melakukan simulasi kegempaan. Simulasi bukan hanya mengantisipasi potensi gempa yang berpusat dari selatan bandara atau pantai selatan, tapi juga mempertimbangkan dari Sesar Opak.

"Bandara YIA tak perlu diragukan kesiapannya untuk menghadapi potensi bencana," sebutnya.

BMKG pun berharap pemerintah pusat membangunkan kantor UPT Stasiun Meteorologi Penerbangan yang khusus mengawal Bandara YIA. Kantor serupa telah dibangun di antaranya di Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Juanda Surabaya.

"Karena untuk YIA saat ini masih dibantu di Stasiun Klimatologi Mlati," imbuh Hendro.
(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com