Jelang Idul Adha, Penjualan Kambing di Pasar Hewan Yogya Turun

Arum Safitri - detikNews
Senin, 05 Agu 2019 19:04 WIB
Foto: Bagus Kurniawan/detikcom
Sleman - Menjelang hari raya kurban, penjualan hewan ternak kurban seperti sapi di DIY mulai meningkat dan harganya naik. Sebaliknya penjualan kambing masih lesu dan cenderung menurun dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan pantauan detikcom di Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping Sleman aktivitas jual beli hewan ternak mulai meningkat, Senin (5/8/2019). Para pedagang hewan ternak sapi dan kambing dari berbagai daerah seperti Bantul dan Sleman berdatangan di Pasar Hewan Ambarketawang. Sebab hari pasaran Paing berdasarkan penanggalan kalender Jawa merupakan hari pasaran pasar tersebut.

Kepala Pasar Hewan Ambarketawang, Yuda Andi Nugraha mengatakan jelang Idul Adha harga hewan kurban di Pasar Hewan Ambarketawang terus mengalami kenaikan.
Untuk tahun-tahun ini permintaan sapi yang paling banyak dicari adalah jenis sapi Madura.
Pasar hewan Ambarketawang, SlemanPasar hewan Ambarketawang, Sleman Foto: Arum Safitri/detikcom

"Untuk sapi naik sekitar Rp 2-3 juta, sedangkan kambing Rp 200-400 ribu rupiah per ekornya atau sekitar 15-20 persen," kata Yuda Andi Nugraha.

Namun sejumlah pedagang kambing di pasar tersebut sempat mengeluh karena permintaan yang menurun. Penurunan permintaan konsumen mencapai hampir 50 persen dibandingkan tahun lalu.

"Penjualan kambing menurun dibandingkan tahun kemarin, tahun ini kebanyakan pada beli sapi. Sekarang saja, menyediakan 200 ekor masih belum habis." Kata salah satu pedagang kambing, Supri.

Untuk harga kambing jenis gembel sendiri dijual dengan harga Rp 2,5 juta-4juta atau sesuai berat dan besar kambing yang akan dibeli. Kambing dengan berat sekitar 15-20 kg dijual dengan harga Rp 2,5 juta. Kambing dengan berat Rp 27 kg dihargai Rp 3 juta, dan kambing dengan berat30 kg atau lebih sekitar Rp 3,5-4 juta/ekor.

Secara terpisah salah satu pedagang sapi, Pungut mengatakan harga sapi terus mengalami kenaikan walaupun sedikit. Kenaikan harga sapi sesuai besar dan berat sapi yang akan dibeli.

"Kalau yang beratnya sekitar 600-700 kilogram saya jual Rp 35 juta, kalau yang kecil dengan berat sekitar 350-400 kilogram saya jual sekitar di atas Rp 15 jutaan," kata Pungut.


Pak Anies, Ada Camat Minta Jatah Sapi ke Pedagang Kurban!:

[Gambas:Video 20detik]



(bgk/bgs)