PAN Jateng Kritik Sekjen soal Ketum Penentu Tunggal Arah Politik Partai

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 25 Jul 2019 17:27 WIB
Komentar akun DPW PAN Jateng terhadap pernyataan Sekjen PAN. Foto: Tangkapan layar Instagram
Semarang - Sekretaris Jenderal DPP PAN, Eddy Soeparno memposting pernyataan tentang penentu arah politik partai oleh Ketua Umum di akun resmi PAN di instagram, @amanatnasional. Menariknya caption dalam postingan itu dibantah beberapa orang bahkan oleh DPW PAN Jawa Tengah.

Eddy dalam postingan tersebut menyebut urusan oposisi atau mendukung pemerintah diserahkan ke ketua umum yang memiliki mandat menentukan arah dan tujuan PAN. Berikut postingan dari Eddy:

"Saudaraku, Pilpres telah selesai. Kita punya banyak agenda politik penting dari sekedar berdebat di grup wa atau medsos tentang "oposisi" atau 'mendukung pemerintah'. Urusan ini serahkan ke Ketua Umum yang memiliki mandat untuk menentukan arah dan tujuan kapal besar yang bernama Partai Amanat Nasional.


Kini waktunya kita untuk mengurus dan membesarkan PAN kembali. Bagi kader di provinsi, kabupaten dan kota yang akan memiliki DPR yang baru, kita fokus untuk mendapatkan posisi strategis dan terbaik di legislatif daerah.

Dan bagi mereka yang menyelenggarakan Pilkada di tahun depan, segera kita berbenah dan menyeleksi kader atau paslon terbaik yang mampu mengemban amanat masyarakat untuk berbakti dan bekerja sungguh-sungguh memajukan daerahnya. * Sekjend PAN @eddy_soeparno *

#AmanatNasional #PANBergerak #MenjahitKembaliMerahPutih".

Dalam kolom komentar, ada yang mendukung namun ada juga yang membantah, bahkan mengingatkan Eddy. Salah satu yang membantah adalah akun DPW PAN Jateng dengan akun @dpwpanjawatengah yang dengan panjang lebar menjelaskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PAN yang tidak satu pasalpun menyebut memberikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan arah dan tujuan Partai Amanat Nasional.


"Saudaraku Eddy Soeparno, mohon melihat dan mencermati kembali AD/ART Partai Amanat Nasional dimana tidak ada satu pasalpun yang memberikan mandat kepada ketua umum untuk menentukan arah dan tujuan Partai Amanat Nasional."

"Perlu kami sebutkan, bahwa dalam pasal 17 Anggaran Dasar Partai Amanat Nasional yg mengenai Sifat Kepengurusan, bahwa dlm pasal 17 tersebut sdh jelas diatur bahwa Kepengurusan partai bersifat kolektif kolegial," tulis PAN Jateng dalam komentarnya.

PAN Jawa Tengah bahkan membeberkan pasal-pasal yang perlu dicermati oleh Eddy. Penutupnya yaitu kalimat penegasan dengan huruf kapital yang menyebut tidak ada aturan yang menyatakan Ketua Umum menentukan arah dan tujuan PAN.


"Saudaraku Eddy Soeparno, mohon utk mencermati pula pasal-pasal berikut, Anggaran Dasar (AD) Pasal 20 mengenai Kewenangan Dewan Pimpinan. Anggaran Rumah Tangga (ART) pasal 31 sampai dengan pasal 38 dari Bab VIII tentang rapat-rapat partai. Pasal 39 mengenai Tata Urutan dan Kewenangan Aturan Partai. Pasal 40 mengenai Kepemimpinan Kolektif Kolegial. Sekali lagi perlu disampaikan dan digunakan sebagai pengingat: BAHWA TIDAK ADA SATU ATURANPUN DIDALAM AD/ART YANG MENYATAKAN BAHWA KETUA UMUM MEMPUNYAI MANDAT UNTUK MENENTUKAN ARAH DAN TUJUAN PARTAI AMANAT NASIONAL," kata PAN Jateng.

DPW PAN Jawa Tengah belum mau bicara banyak terkait hal tersebut. Namun Wakil Ketua DPW PAN Jateng, Agung Wisnu Kusuma membenarkan jika @dpwpanjawatengah merupakan akun resmi.

"Iya (resmi). Akun itu resmi terdaftar di KPU," kata Agung, Kamis (25/7/2019). (alg/sip)