detikNews
Jumat 19 Juli 2019, 11:57 WIB

Polres Boyolali Akan Cek Kejiwaan Ibu Penganiaya Anak Hingga Tewas

Ragil Ajiyanto - detikNews
Polres Boyolali Akan Cek Kejiwaan Ibu Penganiaya Anak Hingga Tewas Siti Wakidah alias Ida (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali - Polres Boyolali akan membawa Siti Wakidah (30), ke psikiater. Hal itu mengetahui kondisi kejiwaan tersangka yang menganiaya anaknya sendiri, F (6), hingga tewas tersebut.

"Iya, (tersangka) akan kami periksakan kondisi kejiwaannya," ujar Kasat Reskrim Polres Boyolali, Iptu Mulyanto, kepada detikcom, Jumat (19/7/2019).

Pihaknya sudah menjadwalkan untuk membawa tersangka Siti Wakidah ke Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Solo. Pemeriksaan kejiwaan tersangka tersebut rencananya akan dilakukan pada pekan depan.

Upaya pemeriksaan ke psikiater tersebut untuk mengetahui kondisi psikoligis tersangka. Pasalnya, kekerasan yang dilakukan kepada anak laki-lakinya yang masih berumur 6 tahun itu, cukup berat.

"Untuk memastikan kondisi psikologis tersangka," jelas Mulyanto.


Polisi menduga beban hidup yang cukup berat, terutama faktor ekonomi keluarga, juga melatarbelakangi tersangka sampai tegas berbuat kekerasan itu kepada anaknya.

Kondisi ekonomi keluarga tersangka yang tinggal di Desa Tanduk, Kecamatan Ampel, Boyolali itu tergolong tidak mampu. Kondisi rumah yang ditinggali keluarga itu juga memprihatinkan.

"Sebenarnya tetangganya kerap mencoba membantu dengan memberikan makanan kepada anak-anak mereka, tetapi ditolak orang tuanya," kata dia.

Selain itu, tersangka juga tidak kerja dan hanya di rumah saja mengasuh tiga anaknya yang masih kecil-kecil. Sedangkan suaminya, Iwan bekerja serabutan. "Mungkin suatu faktor juga, anaknya banyak masih kecil-kecil, rewel, terus dicubiti," lanjutnya.


Sementara kondisi ekonomi keluarga tersangka di kampung halamannya Desa Cukilan, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, menurut Mulyanto, juga tidak lebih baik.

Tersangka memiliki tiga orang anak. Anak pertama, F (korban) merupakan hasil perkawinan dengan suaminya terdahulu. Kemudian bersama suaminya saat ini, Iwan memiliki dua orang anak.

Simak Video "Buron 7 Bulan, Pelaku Pembunuhan di Pangkalpinang Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com