detikNews
Kamis 18 Juli 2019, 15:19 WIB

KPK Pertimbangkan Desak Pembentukan TPF Baru Kasus Novel Baswedan

Usman Hadi - detikNews
KPK Pertimbangkan Desak Pembentukan TPF Baru Kasus Novel Baswedan Novel Baswedan (Foto: Ari Saputra)
Yogyakarta - Ketua KPK, Agus Rahardjo, angkat suara terkait temuan yang dibeberkan Tim Pencari Fakta (TPF) dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan. Pimpinan KPK akan mendiskusikan tanggapan hasil itu untuk disampaikan ke Presiden.

"Ternyata kan (kasusnya) masih cukup gelap. Hanya ada satu pelaku yang datang ke rumah (Novel), ada dua pelaku yang di sekitar masjid," kata Agus kepada wartawan di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta, Kamis (18/7/2019).

Sebenarnya Agus berharap TPF bisa mengidentifikasi dan mengungkap dalang penyiraman air keras terhadap Novel. "Kita sebenarnya berharap ada tersangkanya. Ternyata bisa dikatakan (TPF) tidak berhasil," tuturnya.


Setelah ini, lanjut Agus, pihaknya akan mendiskusikan dengan komisioner KPK lainnya di rapat pimpinan. Nantinya dalam rapat itu akan diputuskan langkah apa yang akan diambil lembaga antirasuah itu untuk menuntaskan kasus Novel.

"Oleh karena itu apakah langkah berikutnya bisa saja nanti pimpinan (KPK) memutuskan. Ya mungkin kita menyerahkan kepada Presiden untuk membentuk TGPF baru, misalnya begitu," ungkapnya.


"Kita akan diskusikan di dalam dulu, di pimpinan. Karena selalu keputusannya itu kolektif, kolegial. Jadi harus disetujui oleh para pimpinan, kita usulannya apa. Apa meminta Presiden untuk membentuk TGPF baru atau apa," tutupnya.

Simak Video "Tanggapi Hasil TPF Kasus Novel, Jokowi 'Kejar' Kapolri "
[Gambas:Video 20detik]

(ush/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com