detikNews
Senin 15 Juli 2019, 18:47 WIB

Kapal yang Tabrak Crane di Semarang Diduga Alami Gangguan Mesin

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kapal yang Tabrak Crane di Semarang Diduga Alami Gangguan Mesin Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Insiden kapal menabrak crane hingga roboh di dermaga Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disebabkan oleh mesin kapal yang mengalami gangguan. Hal itu diketahui setelah Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas 1 Tanjung Emas melakukan klarifikasi ke berbagai pihak.

Kepala KSOP Klas 1 Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid mengatakan Kapal MV Soul of Luck itu sekitar pukul 17.00 WIB hari Minggu (14/7) kemarin hendak merapat ke dermaga. Namun terjadi ketidaknormalan dimana mesin masih melaju ke depan sehingga benturan tidak terhindarkan.

"Setelah klarifikasi ke pandu (kapal pandu), ternyata terjadi ketidaknormalan. Ketidaknormalan itu saat pilot meminta kapal berhenti dan mundur, mesin tidak merespon. Jadi mesin jalan terus. Kita sudah klarifikasi ke nahkoda. Klarifikasi ke KKM mengatakan ada gangguan dari sistem mesin penggerak kapal," jelas Ahmad di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (15/7/2019).


Saat kejadian, kapal berberndera Panama itu bermaksud memutar arah kapal dan dipandu kapal pandu. Namun gangguan sistem mesin itu ikut membuat kapal pandu yang seharusnya menarik ujung kapal tidak berkutik hingga akhirnya tali putus.

"Tidak sanggup menahan hingga talinya putus, sehingga menabrak tiang crane," jelasnya.


Dia menjelaskan meski dari hasil klarifikasi sudah ada dugaan penyebabnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) direncanakan tetap akan datang ke lokasi.

"KNKT akan turun ambil data," pungkasnya.





Tonton Video Kapal Tabrak Crane hingga Ambruk di Pelabuhan Semarang:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Semarang Night Carnival, Semarang "
[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com