detikNews
Sabtu 13 Juli 2019, 17:14 WIB

Mahfud Md: Masyarakat Ingin Jokowi-Prabowo Berbagi Peran

Usman Hadi - detikNews
Mahfud Md: Masyarakat Ingin Jokowi-Prabowo Berbagi Peran Foto: Usman Hadi/detikcom
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Yogyakarta - Presiden Jokowi dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah bertemu. Langkah Gerindra pascapertemuan masih menjadi tanda tanya, apakah akan bergabung ke pemerintahan atau beroposisi.

Menurut Mahfud Md secara konstitusional tidak ada larangan bagi Gerindra untuk bergabung ke pemerintahan Jokowi. Namun mayoritas masyarakat, disebut Mahfud lebih menghendaki Gerindra menjadi oposisi.

"Kalau kita mendengar dari masyarakat, kayaknya masyarakat lebih ingin berbagi peran. Yang satu (Gerindra dan Prabowo) di legislatif menjadi pengontrol di parlemen, di DPR, yang satu (Jokowi) di eksekutif," jelasnya.

Hal itu disampaikan Mahfud Md kepada wartawan di sela diskusi publik 'merajut persatuan nasional paska pemilu' di Ruang Adipati Lt 6 D'Senopati Hotel, Jalan Panembahan Senopati No 40 Yogyakarta, Sabtu (13/7/2019).

"Tapi terserah mereka. Kan politik itu di antara sekian banyak artinya soal kekuasaan, bagaimana mengelola kekuasaan. Kalau (Gerindra bergabung) dianggap itu lebih baik bagi Indonesia ya silakan saja," sambungnya.

Terlepas dari belum jelasnya langkah politik Gerindra, namun Mahfud mengapresiasi adanya pertemuan antara Jokowi dengan Prabowo hari ini. Ia berharap pertemuan itu bisa meredakan suhu berpolitikan nasional.

"Rekonsiliasi itu artinya kembali ke posisi masing-masing sesuai dengan konstitusi dan menghentikan pertikaian politik dalam isu tertentu, menghentikan pertikaian politik dalam isu pilpres 2019," sebutnya.

"Kembali ke posisi masing-masing itu lalu pilihannya ada dua dari rekonsiliasi. Satu berkoalisi-bergabung dengan pemerintah pihak yang kalah, yang kedua menjadi pengontrol melakukan oposisi," tutupnya.



Simak Juga 'Momen Pertemuan Jokowi-Prabowo, Naik MRT hingga Makan Siang':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mahfud MD: Amnesti Jalan Paling Dekat untuk Selamatkan Baiq Nuril"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/bgs)
FOKUS BERITA: Jokowi-Prabowo Bertemu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed