detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 18:13 WIB

Bupati Semarang Tindak Tegas Perusahaan yang Cemari Lingkungan

Aji Kusuma Admaja - detikNews
Bupati Semarang Tindak Tegas Perusahaan yang Cemari Lingkungan Foto: Aji Kusuma Admaja/detikcom
Semarang - Polemik pencemaran air sungai Sikendil dan Selilin di Desa Klepu, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, mendapat respon dari Bupati Semarang, Mundjirin. Bupatyi akan memberi sanksi tegas perusahaan yang abai terhadap pengolahan limbah.

"Disana ada sungai kecil kalau boleh dikatakan itu selokan. Nah disitu ada dua perusahaan yang membuang limbah, yaitu PT JESS dan Mangkok Mas. Saat ini mungkin ada kecerobohan yakni ada kebocoran pipa IPAL. kami melalui DLH sudah melakuakan pengecekan di lapangan, nanti jika tidak ada pembenahan pasti izin lingkungannya ditutup," jelas Mundjirin, di Kantor Bupati Semarang, Jumat (12/7/2019) siang.

Selain kebocoran pipa lanjut dia, ada pula limbah lain yang menjadi masalah di sekitar perusahaan. Limbah itu menurutnya juga menjadi persoalan pencemaran jika tidak ditangani serius.

"Ada limbah lain yang juga menjadi persoalan, yaitu timbunan batubara. Hal itu berbahaya kalau tercecer masuk ke dalam selokan akhirnya menjadi tercemar lingkungan sekitar. Kami mengimbau perusahaan lebih waspada terhadap limbah," tegas Mundjirin.

"Tinggal kemauan para pelaku usaha seperti apa, kita sudah mengimbau, tapi kalau tidak memperhatilan kami, ya apa boleh buat, akan kami tutup. Kami beri waktu, segera. Saat ini kami terus pantau, jangan sampai mereka lebih rugi kalau izin kami cabut," tutupnya.



Simak Video "50 Drum Limbah Nyaris Cemari Air PDAM Semarang"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed