detikNews
Jumat 12 Juli 2019, 14:04 WIB

Polisi Jamin Aman Bila Pelaku Tabrak Lari di Solo Serahkan Diri

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Polisi Jamin Aman Bila Pelaku Tabrak Lari di Solo Serahkan Diri Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Polisi masih berharap pelaku tabrak lari Overpass Manahan Solo segera menyerahkan. Polisi juga menjamin keselamatan pelaku jika mengakui kesalahannya.

"Tidak perlu takut dimassa. Silakan datang ke kantor polisi terdekat dan kami pasti jamin keselamatannya," kata Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Busroni, saat dihubungi detikcom, Jumat (12/7/2019).

Busroni memperkirakan saat ini pelaku tengah dalam kondisi tertekan. Apalagi kejadian tersebut sudah tersebar di media sosial ataupun media massa.

"Pelaku pasti merasa ketakutan, makanya saat itu sampai melarikan diri. Namun saya tegaskan bahwa hal itu tidak menyelesaikan masalah," ujar dia.

Kasatlantas juga mengatakan justru banyak informasi datang dari laporan masyarakat. Pihaknya pun telah mencocokkannya sesuai fakta.

"Banyak yang melapor terkait kasus ini, tentu kita inventaris semua informasi. Semua sudah kita tindak lanjuti," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengaku telah mengidentifikasi mobil yang digunakan pelaku saat melakukan tabrak lari. Penangkapan pelaku hanya tinggal menunggu waktu.

Meski demikian, polisi menyarankan agar pelaku menyerahkan diri sebelum ditangkap aparat. Hal ini dirasa dapat meringankan hukuman pelaku.

"Sebaiknya pelaku menyerahkan diri, karena itikad baik ini bisa meringankan hukuman," kata Busroni.

Sebaliknya jika enggan menyerahkan diri, pelaku dapat dihukum maksimal. Busroni menyebut hukuman maksimal yang mungkin dijerat kepada pelaku ialah penjara selama enam tahun.

"Pelaku bisa dijerat dengan UU Lalu Lintas Pasal 310 ayat 4. Ancaman hukumannya enam tahun penjara," tutup dia.

(bai/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed