detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 17:56 WIB

Sistem Bermasalah, Ratusan Nama Hilang di PPDB SMP di Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Sistem Bermasalah, Ratusan Nama Hilang di PPDB SMP di Sleman Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Sekitar 260 nama calon siswa SMP negeri di Kabupaten Sleman hilang dari database Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Dinas Pendidikan setempat memerintahkan masing-masing kepala sekolah SMP negeri untuk menelusuri permasalahan tersebut.

"Dari sekitar 12.500 pendaftar, sebanyak 2 persen atau sekitar 260 siswa hilang dari database PPDB. Hari ini sedang ditelusuri oleh masing-masing kepala sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini kepada wartawan di kantornya, Jumat (5/7/2019).

Persoalan itu muncul setelah para orang tua calon siswa menggeruduk kantor Dinas Pendidikan Sleman, Kamis (4/7) siang hingga malam. Mereka memprotes kenapa nama anaknya hilang dari daftar PPDB, hingga mempertanyakan nama anaknya terlempar dari daftar sekolah yang dituju.

"Terdapat calon siswa yang seharusnya diterima namun namanya tidak muncul. Lalu ada siswa yang harusnya diterima di sekolah pilihan satu, munculnya di sekolah pilhan kedua," jelasnya.

Hasil penelusuran nantinya akan diverifikasi ulang apakah ratusan nama calon siswa itu hilang akibat sistem eror, atau memang tidak lolos PPDB di sekolah pilihan pertama sehingga terlempar ke sekolah pilihan kedua atau ketiga.

"Hasilnya akan disampaikan di masing-masing sekolah Sabtu (6/7) besok. Untuk daftar ulang, yang seharusnya ditutup hari ini akan diperpanjang sampai Senin (8/7)," imbuh Sri.




Simak Juga 'Gegara PPDB Zonasi, Orang Tua Ubah Alamat KK':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Truk & Land Rover Terperosok ke Galian Underpass, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com