detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 17:05 WIB

Kondisi Ini yang Membuat Buaya Betah di Sungai Kuripan Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Kondisi Ini yang Membuat Buaya Betah di Sungai Kuripan Pekalongan Penampakan buaya di Sungai Pekalongan (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Magelang - Buaya muara yang berdiam di Sungai Kuripan Kidul, Kota Pekalongan, sudah diketahui sejak lama. Banyaknya peternakan ayam di sekitar sungai dinilai menjadi faktor buaya betah tinggal dan beranak pinak.

"Ya awalnya hanya satu dewasa beberapa tahun lalu. Sekarang kok nambah-nambah. Kita khawatirkan di dasar sungai ada banyak buayanya," jelas Bahrul Ulum (43) warga setempat saat ditemui detikcom, Jumat (5/7/2019).

Sekitar 3 tahun lalu, kata Bahrul, ada seekor buaya ukuran dewasa dari hilir naik ke hulu akibat sungai yang meluap saat musim penghujan.

"Saat itu kami kira tidak menetap di sini (Sungai Kuripan), ternyata malah bertambah banyak," katanya.


Bahrul mengaku, sering melihat buaya-buaya muncul saat siang hari. Lebih-lebih jika ada ayam mati yang dibuang ke sungai. Buaya-buaya itu akan muncul menyatap bangkai ayam tersebut.

"Di atas sini kan ada peternakan. Kalau ayam mati dibuangnya ke sungai. Menjadi makanan buaya-buaya," imbuhnya.
 Kondisi Ini yang Membuat Buaya Betah di Sungai Kuripan PekalonganPenampakan buaya muara di sungai Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Pecinta satwa dari Animals Keeper Pekalongan, M Agung Saputra, juga menyampaikan hal serupa. Untuk bertahan hidup lama di sungai, buaya jenis muara harus aman dengan suplai makanan yang ada. Apalagi saat buaya betina siap menetas.


Faktor lainnya adalah tidak adanya hewan predator lainnya membuat telur-telur aman. Karena itullah buaya-buaya yang dilihat warga akhir-akhir ini adalah buaya ukuran kecil yang merupakan anak buaya yang menetas di lokasi tersebut.

"Disini juga banyak suplai makanan buaya. Makanan berupa ayam di sini tersedia hampir setiap hari. Di sekitar sini ada peternakan yang kerap membuang ayam mati ke sungai," jelasnya.




Simak Juga 'Kemunculan 3 Buaya Muara di Sungai Hebohkan Warga Pekalongan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kemunculan 3 Buaya Muara di Sungai Hebohkan Warga Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com