detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 16:49 WIB

Evakuasi 3 Buaya Muara di Pekalongan Terkendala Air Sungai Penuh

Robby Bernardi - detikNews
Evakuasi 3 Buaya Muara di Pekalongan Terkendala Air Sungai Penuh Penampakan buaya muara di Sungai Pekalongan. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan - Hingga Jumat (5/7/2019) sore petugas gabungan belum berhasil mengevakuasi 3 ekor buaya muara yang muncul sungai Kampung Kuripan, Kota Pekalongan, Jateng. Hujan deras tadi semalam, membuat permukaan air sungai naik sehingga menyulitkan penangkapan.

"Hari ini rencana evakuasi namun karena semalam hulu hujan menjadikan air sungai naik," kata M Agung Agung Saputra, relawan pecinta satwa dari Animals Keeper Pekalongan.

Kondisi air yang naik membuat gerak buaya leluasa untuk menyelam ke dasar sungai. Melihat kondisi tersebut, pihaknya akan kembali memasang perangkap yang aman buat buaya muara tersebut.

"Kita akan buat perangkap yang aman untuk buayanya," kata Agung.


Hari ini relawan dan warga melihat penampakan dua ekor buaya ukuran anak yang berdekatan satu sama lainnya. Meskipun tidak muncul, biasanya induk buaya tidak akan jauh dari anak-anaknya itu.

"Hari ini kita saksikan dua ekor yang muncul, masih ukuran anak," jelasnya.
Evakuasi 3 Buaya Muara di Pekalongan Terkendala Air Sungai PenuhTim relawan membuat perangkap (Foto: Robby Bernardi/detikcom)

Seperti diberitakan sebelumnya, Warga Kuripan, Kota Pekalongan, beberapa hari terakhir diresahkan dengan kemunculan tiga ekor buaya di sungai kampung setempat.

Adanya laporan temuan buaya oleh warga, Dinas Pemadam Kebakaran langsung melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Kota Pekalongan dan Animals Keeper Kota Pekalongan. Mereka memetakan lokasi untuk bisa mengevakuasi buaya-buaya tersebut.




Simak Juga 'Kemunculan 3 Buaya Muara di Sungai Hebohkan Warga Pekalongan':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kemunculan 3 Buaya Muara di Sungai Hebohkan Warga Pekalongan"
[Gambas:Video 20detik]

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com