detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 17:56 WIB

BMKG Pasang Alat Khusus Pantau Suhu Udara di Candi Arjuna Dieng

Uje Hartono - detikNews
BMKG Pasang Alat Khusus Pantau Suhu Udara di Candi Arjuna Dieng Foto: Istimewa/detikcom
Banjarnegara - Badan Meteorologi, Klimotologi, dan Geofisika (BMKG) memasang Automatic Weather Station (AWS) di dataran tinggi Dieng. Alat ini dimaksudkan untuk melihat suhu udara secara cepat dan tepat.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan, pemasangan AWS ini di lakukan di komplek Candi Arjuna. Harapannya, bisa memberikan informasi cuaca dari parameter terukur. Meliputi curah hujan, arah dan kecepatan angin, radiasi matahari, temperatur udara, kelembababn udaran hingga tekanan udara.

"Alat ini sudah kami pasang di komplek Candi Arjuna Dieng, kemarin Rabu (3/7). Jadi sekarang untuk mengatahui suhu udara di Dieng lebih akurat," ujarnya kepada detikcom melalui sambungan telpon, Kamis (4/7/2019).

Apalagi, awal bulan Agutus 2019 nanti akan digelar Dieng Culture Festival (DCF) yang akan menyedot banyak wisatawan. Sehingga, dengan adanya AWS akan memberikan informasi yang cepat dan akurat.

"Pemasangan alat ini dilakukan oleh tim dari BMKG Jakarta dan Stasiun Klimatologi Semarang," tuturnya.

Selain karena obyek wisata, pemasangan AWS ini juga melihat karena dataran tinggi Dieng merupakan kawasan pertanian strategis. Sehingga perlu pemantauan cuaca dari parameter yang terukur.

"Selama ini, kami menggunakan AWS yang ada di wilayah Kota Banjarnegara jaraknya jauh dengan Dieng," kata dia.


Simak Video "Suhu di Dieng Kembali Normal, Embun Es Tak Terbentuk"
[Gambas:Video 20detik]

(bgk/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com