Pemkab Banjarnegara Tetapkan Status Siaga Kekeringan

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 04 Jul 2019 16:10 WIB
Foto: Uje Hartono/detikcom
Banjarnegara - Kekeringan di musim kemarau saat ini dirasakan warga di 11 Kecamatan di Banjarnegara. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah menetapkan siaga darurat kekeringan hingga akhir September tahun ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan sudah mulai melakukan dropping air bersih ke sejumlah desa, salah satunya di Desa Jalatunda.

"BPBD terus melakukan desa-desa yang mengalami kekeringan. Terutama selama masa darurat kekeringan yang berlaku mulai 1 Juli hingga 30 September," ujarnya kepada wartawan di kantor BPBD Banjarnegara, Kamis (4/7/2019).

Saat ini, pihaknya memetakan ada 39 desa di 11 Kecamatan di Banjarnegara yang mengalami kekeringan. Data ini masih bisa bertambah, karena saat ini BPBD masih menunggu laporan dari masing-masing kecamatan.

"Kami sudah menyiapkan 5 armada truk tangki dengan kapasitas 5 ribu liter," tuturnya.

Selain BPBD, beberapa sumbangan air bersih sudah disalurkan ke beberapa desa. Salah satunya ke Dusun Muntang, Desa Jalatunda sebanyak 10 ribu liter. Penyaluran air bersih ini ditujukan ke Dusun Muntang di Desa Jalatunda.


Simak Video "Bupati Jadi Tersangka KPK, Warga Banjarnegara Cukur Gundul"
[Gambas:Video 20detik]
(bgk/bgs)