detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 15:14 WIB

Jaksa: Bupati Jepara Serahkan Suap Rp 718 Juta di Rumah Hakim Lasito

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jaksa: Bupati Jepara Serahkan Suap Rp 718 Juta di Rumah Hakim Lasito Suasana sidang perdana kasus suap Bupati Jepara nonaktif, Ahmad Marzuqi dan hakim PN Semarang, Lasito. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Jaksa penuntut umum menyebut Bupati Jepara nonaktif, Ahmad Marzuqi menyerahkan uang suap sebanyak Rp 718 juta kepada hakim PN Semarang, Lasito. Uang tersebut diserahkan Marzuqi di rumah Lasito di Solo.

"Uang suap yang sudah disepakati besarannya tersebut selanjutnya diserahkan di rumah Lasito di Laweyan, Kota Surakarta pada 12 November 2017," ujar jaksa penuntut umum, Ariawan Agustriartono di Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (2/7/2019).

Uang tersebut diserahkan Marzuqi sehari sebelum sidang praperadilannya digelar.

"Pada 13 November 2017, terdakwa (Lasito) memutus permohonan praperadilan yang pada pokoknya mengabulkan permohonan pemohon," kata Ariawan.


Ariawan menjelaskan uang suap yang diterima Lasito terdiri dari Rp 500 juta dan uang dalam bentuk dolar AS yang nilainya Rp 218 juta.

Marzuqi dijerat secara kumulatif dengan Pasal 6 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain Marzuqi, hakim Lasito juga menjalani sidang dakwaan secara bergantian. Dengan jaksa yang sama, Lasito didakwa menerima suap dari Marzuqi yang bertujuan untuk mempengaruhi putusan perkara yang ditanganinya.


Terdakwa Lasito dijerat secara kumulatif dengan Pasal 12 huruf c atau Pasal 12 huruf a Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Sidang praperadilan yang dimaksud diajukan oleh Marzuqi terkait penetapannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan parpol DPC PPP Kabupaten Jepara 2011-2014 oleh Kejaksaan Tinggi Jateng. Uang suap tersebut diberikan Marzuqi agar Lasito membatalkan statusnya sebagai tersangka. Lasito kemudian mengabulkan permohonan Marzuqi usai menerima suap pada hari sebelumnya.


Ditahan KPK, Bupati Jepara Singgung Nabi Yusuf:

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Kasus Suap Praperadilan: Bupati Divonis 3 Tahun, Hakim 4 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]

(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com