detikNews
Sabtu 29 Juni 2019, 17:15 WIB

Jimly Akan Angkat Isu Pengembalian GBHN di DPD

Usman Hadi - detikNews
Jimly Akan Angkat Isu Pengembalian GBHN di DPD Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Calon anggota DPD RI periode 2019-2024, Jimly Asshiddiqie, akan mencoba mengangkat isu pengembalian Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) di DPD. Ia yakin gagasan itu akan didukung banyak pihak.

"Antara lain (isu GBHN yang akan diangkat di DPD), banyak lagi yang lain," kata Jilmy usai acara silaturahmi parlemen di Ruang Serba Guna Kantor DPD RI DIY Jalan Kusumanegara No 133 Kota Yogyakarta, Sabtu (29/6/2019)

Jimly mengatakan, upaya menghidupkan kembali GBHN penting dilakukan agar pembangunan Indonesia terarah. Pembangunan antar daerah juga akan berkesinambungan dan saling menopang.

"Indonesia ini terlalu kompleks, terlalu besar, terlalu rumit. Maka kita memerlukan plan ekonomi. Tidak bisa kayak di Amerika tanpa planing, dia sudah maju. Nah, jadi GBHN sebagai program jangka panjang itu diperlukan," ujarnya.

"Misalnya sekarang pembangunan daerah, itu kan tidak terpadu, rencana masing-masing, apalagi kepala daerahnya beda-beda partai. Jadi GBHN sebagai pemandu itu penting," sambung Mantan Ketua MK ini.

Jimly juga yakin, jika isu penghidupan kembali GBHN diangkat DPD maka akan direspon baik oleh partai-partai politik. Terlebih sejumlah ketum parpol sudah terang-terangan menyatakan pentingnya GBHN bagi negara.

"PDIP misalnya, Ibu Mega sebagai ketua umum itu sudah berkali-kali pidato pentingnya GBHN. Mantan-mantan presiden (berbicara) pentingnya GBHN. Berarti Demokrat juga, berarti Golkar juga, semua partai," sebutnya.

"Jadi ada common issue (wacana penghidupan GBHN), jadi bukan menyangkut kepentingan kelompok, golongan, tapi kepentingan nasional. Nah DPD itu yang (harusnya) diprakarsai, insyaallah diterima," tutupnya.


Simak Video "Ribut-ribut Wakil Rakyat di DPD RI"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com