detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 18:19 WIB

Menteri Susi Pamer Keberhasilan Kelola Laut Pada Mahasiswa UGM

Usman Hadi - detikNews
Menteri Susi Pamer Keberhasilan Kelola Laut Pada Mahasiswa UGM Foto: Usman Hadi/detikcom
Sleman - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memberikan pengarahan kepada 5.360 mahasiswa KKN-PPM UGM. Dalam kesempatan itu Susi pamer keberhasilan kepengelolaan kalautan dan perikanan oleh kementerian yang dipimpinnya.

"Sekarang stok ikan kita sudah naik dua kali lipatnya, nilai tukar nelayan sudah naik 10% lebih, nilai tukar usaha perikanan juga sudah naik 24% lebih," kata Susi di hadapan ribuan mahasiswa KKN-PPM UGM di Lapangan GSP, Jumat (28/6/2019).

"Ekspor kita setiap tahun naik, GDB (gross domestik bruto) perikanan kita di atas rata-rata GDB nasional kita. Lebih hebat lagi neraca perdagangan kita nomor satu di Asia Tenggara," lanjutnya.
Pelepasan mahasiswa KKN UGMPelepasan mahasiswa KKN UGM Foto: Usman Hadi/detikcom

Susi mengatakan, pengelolaan kelautan dan perikanan saat ini lebih baik ketimbang sebelumnya. Sebelum dirinya menjabat menteri, lanjut Susi, Indonesia yang notabene negara kalautan kalah bersaing dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

"4,5 tahun yang lalu bahkan perikanan Indonesia itu di Asia Tenggara saja nomor tiga pun tidak, bayangkan. Pemilik laut (pantai) nomor dua terpanjang di dunia, perikanannya nomor tiga pun tidak di Asia Tenggara," ungkapnya.

Namun perlahan-lahan kondisi tersebut berubah setelah Jokowi menjadi presiden dan Susi ditunjuk menjadi menteri. Di bawah arahan Susi, Kementerian Kelautan dan Perikanan pun kerap melakukan gebrakan untuk memerangi praktik illegal fishing.

"4,5 tahun yang lalu saya awali dengan moratorium kapal ikan asing, saya informasikan kepada dubes-dubes, kepada semua pengusaha yang menjadi agen-agen kapal-kapal asing," jelasnya.

"Indonesia mau (menjadikan) laut masa depan bangsa, tolong you hentikan semua pencurian ikan di laut kita dan pulang. Kalau tidak hukumannya ini (ditenggelamkan), dan kita sudah laksanakan," tutupnya.


Simak Video "Menteri Susi Ikut Sedekah Laut di Demak"
[Gambas:Video 20detik]

(ush/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com