detikNews
Senin 24 Juni 2019, 13:40 WIB

Banyak Lulusan SMP di Brebes Tetap Mendaftar di SMA Lintas Zona

Imam Suripto - detikNews
Banyak Lulusan SMP di Brebes Tetap Mendaftar di SMA Lintas Zona Suasana pendaftaran siswa baru di salah satu SMA di Brebes (Foto: Imam Suripto/detikcom)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Brebes - Meski Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi, masih banyak ditemukan lulusan SMP tetap nekat mendaftar di SMA di luar zona. Mereka mengaku sengaja karena ingin bisa bersekolah di SMA pilihannya.

Memasuki hari pertama tahapan pendaftaran SMA di Brebes, beberapa SMA di Brebes langsung dipenuhi ratusan lulusan SMP yang akan mendaftar. Dua SMA yang menjadi incaran lulusan SMP di Brebes adalah SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2.

Di dua SMA ini, para calon siswa yang mendaftar tidak hanya berasal dari dalam satu zona. Pantauan pada Senin (24/6/2019), calon siswa yang akan mendaftar di dua SMA ini juga banyak berasal dari luar zona.

Di SMA Negeri 1 misalnya, salah seorang orang tua mengantar anaknya yang berasal dari Kecamatan Losari untuk mendaftar di SMA tersebut. Dia sangat berharap anaknya bisa diterima meski berasal dari luar zona yang berjarak 42 km dari SMA Negeri 1.

"Anak saya inginnya sekolah di sini (SMA Negeri 1 Brebes). Rencana sekalian akan mondok di ponpes Assalafiyah 2 Brebes," ujar Gofar (43) warga Losari saat ditemui di aula SMA Negeri 1 Brebes.


Ketua PPDB SMA 1 Brebes, Leksito Rini, mengakui pemahaman masyarakat tentang SMA 1 sebagai sekolah favorit masih terus melekat. Sebagai SMA yang sarat prestasi, banyak lulusan SMP yang ingin melanjutkan ke SMA Negeri 1 Brebes.

"Padahal zonasi ini untuk menghilangkan pemahanan sekolah favorit. Tapi tetap di mata masyarakat belum bisa dihilangkan. Sekolah ini kan termasuk sekolah tertua dan banyak prestasi," jelasnya.

Hal yang sama juga ditemui di SMA Negeri 2 Brebes. Sekolah yang berlokasi di jalur pantura ini juga kebanjiran lulusan SMP yang akan mendaftar. Calon siswa tidak hanya datang dari dalam zona melainkan banyak dari luar zona. Diantaranya adalah Tegar Bayu Setiawan asal Bulakamba dan Primawati dari Banjarharjo.

Tegar mengatakan, sangat ingin bisa bersekolah di SMA Negeri 2 Brebes. Untuk itu, sejak masih menjadi siswa selalu berusaha agar mendapatkan nilai baik sehingga bisa diterima di sekolah tersebut.

"Saya memilih SMA Negeri 2 sebagai pilihan. Karena di sekolah ini sarana dan prasarananya lengkap," ucap Tegar.


Alasan yang disampaikan Primawati berbeda dengan Tegar. Lulusan SMP di Kecamatan Banjarharjo ini tergolong nekat. Dia bersikukuh ingin sekolah meski sudah jelas berasal dari luar zona.

"Saya ingin membuktikan bisa diterima disini. Kalau punya keinginan kuat, Insha Allah diterima. Ini sekolah favorit saya," terang dia.

Wakil Kepala SMA Negeri 2 bidang kesiswaan, Adi Priyono, menegaskan meski ada banyak lukusan SMP dari luar zona, namun pihaknya akan tetap menerima pendaftaran mereka. Akan tetapi, seleksinya akan disesuaikan dengan Permendikbud.

"Nanti yang seleksi adalah sistem. Kita terima dulu pendaftaran mereka," tuturnya.


Simak Juga "Cara SMA 8 Jakarta Hindari Antrean Panjang PPDB Zonasi":

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: Ruwet PPDB Zonasi
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com