detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 10:32 WIB

Diprediksi Embun 'Salju' Akan Kembali Muncul di Dieng Besok

Uje Hartono - detikNews
Diprediksi Embun Salju Akan Kembali Muncul di Dieng Besok Embun es di Kompleks Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng. Foto: Dok. Warga
Banjarnegara - Embun es diprediksi akan kembali muncul di Dieng besok. Sampai kapan?

"Hari ini di Dieng kembali muncul embun es. Dan untuk prediksi 4 hari ke depan, besok diprediksi akan kembali muncul di Dieng terutama di komplek Candi Arjuna. Sedangkan tiga hari berikutnya yakni Minggu sampai Selasa tidak muncul," kata Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto saat dihubungi detikcom, Jumat (21/6/2019).

Prediksi ini berdasar pada aplikasi cuaca di smartphone yang dikorelasikan dengan suhu udara di Dieng. Berdasar perkiraan cuaca, hari Minggu hingga Selasa, Dieng tertutup awan.


"Perkiraan cuaca hari ini dan besok di Dieng cerah. Sehingga embun es kembali muncul. Sedangkan tiga hari berikutnya berawan," terangnya.

Embun es atau orang Dieng kerap menyebut 'bun upas' ini akan muncul jika cuaca cerah di hari sebelumnya hingga malam hari. Selain itu, tanda-tanda lain bisa dilihat suhu udara sudah terus menurun pada malam harinya.


"Kalau hari ini cerah, sampai malam biasanya besoknya ada embun es. Suhu udara terus turun mulai petang hingga dini hari," jelasnya.

Meski demikian, embun es sulit dipastikan dari jauh hari. Padahal, adanya fenomena embun es di Dieng, menurut Aryadi mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Banyak wisatawan luar kota yang ke sini karena penasaran dengan embun es. Tetapi, tidak mesti bisa melihat embun es, karena memang tidak bisa dipastikan. Hanya satu hari sebelumnya, biasanya bisa dilihat tanda-tandanya," kata dia.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed