detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 13:45 WIB

Suara Hati PKL Saat Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor

Ristu Hanafi - detikNews
Suara Hati PKL Saat Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor Suasana kawasan Malioboro saat ujicoba bebas kendaraan bermotor, Selasa (18/6/2019). Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Uji coba semi pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor resmi dimulai pagi ini, pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB nanti. Seperti apa tanggapan dari komunitas pedagang kaki lima (PKL) Malioboro?

"Kita melihatnya masih dalam tahap uji coba, kita beri kesempatan pemerintah mencoba, menganalisis, dan mengkaji program tersebut," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro (LPKKM), Rudiarto saat dihubungi detikcom, Selasa (18/6/2019).

Namun dari komunitas pedagang di Malioboro, program semi pedestrian Malioboro bebas kendaraan bermotor menjadi hal yang baru dan menimbulkan rasa kekhawatiran.


"Dikarenakan budaya masyarakat untuk menuju suatu tujuan, jika aksesnya sulit, harus berjalan kaki jauh, kantong parkir yang dikeluhkan masih kurang dan sulit, dikhawatirkan merubah animo wisatawan ke Malioboro, karena akses sulit, mereka memilih pindah dari Malioboro," ujarnya.

Dalam uji coba hari pertama ini, diakui oleh Rudiarto memang belum berdampak langsung terhadap PKL Malioboro. Karena bertepatan dengan Selasa Wage, hari dimana seluruh PKL di Jalan Malioboro libur beraktivitas.

"Untung saja kegiatan uji coba ini bertepatan dengan Seloso Wage, dimana aktivitas pedagang kaki lima libur, sehingga barangkali belum terdampak langsung. Tapi pengusaha lain, apakah itu hotel, toko-toko, tentu sedikit banyak pasti berpengaruh, membuat resah dan khawatir," kata Rudiarto yang sebelumnya menjabat Ketua DPD APKLI Yogya ini.


"Tapi namanya uji coba, kalau sukses bisa diteruskan, kalau tidak baik, dikembalikan ke semula. Semua pihak nanti mengevaluasi, kita sebisa mungkin menyesuaikan diri dengan berbagai kemungkinan yang ada," lanjutnya.

Rudiarto menambahkan, sebelumnya pihaknya sudah diajak sosialisasi terkait rencana uji coba ini. Kawasan Malioboro ada sekitar 2.500 orang pedagang kaki lima tergabung dalam sekitar 11 paguyuban PKL yang beraktivitas pagi-malam.

"Kita beri kesempatan, ibaratnya kita wait and see bagaimana kenyataan di lapangan," pungkasnya.


Uji Coba Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Seperti Ini Suasananya:

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed