detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 15:25 WIB

Jumlah Pengawas Pemilu 2019 Meninggal Terbanyak di Jawa Tengah

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumlah Pengawas Pemilu 2019 Meninggal Terbanyak di Jawa Tengah Penyerahan santunan untuk keluarga pengawas TPS yang meninggal (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Santunan untuk petugas pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) asal Solo yang meninggal sudah cair. Ahli waris menerima dana santunan berjumlah Rp 36 juta.

Secara simbolis penyerahan dilakukan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Kartini Tjandra Lestari kepada ahli waris, Mela Siti Malikah. Penyerahan dilakukan di Kantor Bawaslu Surakarta, Jumat (14/6/2019).

Kartini mengatakan ada satu orang petugas jajaran Bawaslu dari Solo yang meninggal. Dia adalah Agung Nugroho yang bertugas di TPS Karangasem RT 03 RW 04, Laweyan, Solo.

"Tercatat hanya satu orang yang berasal dari Solo. Kami serahkan dana santunan sebesar Rp 36 juta kepada ahli waris," kata Kartini.


Menurutnya, di Jawa Tengah terdapat 11 petugas pengawas Pemilu yang meninggal usai melaksanakan tugas pada 17 April 2019. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dari 34 provinsi yang ada.

"Total di Jawa Tengah ada 11 petugas yang berasal dari tujuh kota/kabupaten. Ada dari Solo, Purworejo, Sukoharjo, Tegal, Brebes, Blora dan Kebumen," ujar dia.

Kartini mengatakan dana santunan sebenarnya sudah dikirimkan lewat transfer rekening bank pada 31 Mei 2019. Namun Bawaslu baru menemui keluarga hari ini.


Seperti diberitakan, Agung Nugroho meninggal pada 28 April 2019. Agung yang memiliki riwayat leukimia sempat menjalani transfusi darah sehari sebelum pemilu. Namun dia tetap bertugas pada 17 April 2019.

Sejak saat itu kondisi kesehatan Agung menurun. Pada 28 April, dia tidak sadarkan diri saat hendak melaksanakan salat zuhur.

Ahli waris yang juga merupakan istri Agung, Mela, mengaku sudah ikhlas atas kepergian suaminya. Menurutnya dana santunan tersebut akan digunakan untuk keperluan anaknya yang berusia 6 tahun.

"Kami sudah ikhlas atas meninggalnya beliau. Kami harap pemerintah mengevaluasi pemilu serentak agar kejadian serupa tidak terulang," ujar Mela.



Tonton juga video 33 Pengawas Pemilu Wafat, Bawaslu Siap Beri Santunan:

[Gambas:Video 20detik]


(bai/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com